Gubernur Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan Waduk Kawal

Bintan, IsuKepri.com – Gubernur Provinsi Kepri, Drs. H. Muhammad Sani, meninjau lokasi rencana pembangunan waduk Kawal Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan, Selasa (27/1).

Dalam kunjungannya, Sani mengatakan, akan menggesa pembangunan waduk Kawal. Karena, waduk Kawal diperkirakan mampu memproduksi dan menyumplai air bersih sebanyak 300 liter per detik.

“Saat ini, kondisi persediaan air bersih kita tidak masuk dalam kategori krisis. Namun, setiap waktu kebutuhan terus meningkat. Sehingga perlu dilakukan pembangunan waduk – waduk baru,” ucap Gubernur kepada wartawan disela – sela melakukan peninjauan lokasi Waduk Kawal, Desa Malang Rapat, Bintan.

Sani menjelaskan, pembangunan untuk jangka pendek yang sangat memungkinkan adalah pembangunan waduk Kawal. Menurutnya, peninjauan kali ini sudah diawali dengan laporan – laporan dari Balai Wilayah Sungai (BWS). Apalagi potensi debit air sangat mendukung untuk pelaksaan pembangunan waduk tersebut.

“Kalau pada tahun ini, kita bisa menyelesaikan perlengkapan administrasinya. Mudah – mudahan pada tahun depan sudah bisa dimulai pembangunannya,” papar Gubernur.

Gubernur yang pernah menyabet berbagai gelar di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga menjelaskan, ketersediaan air bersih yang dihasilkan dari berbagai sumber, baik itu waduk Sei Pulai, Sei Gesek, Kolong Enam, maupun SWRO nantinya perlu ditingkatkan lagi. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dahlan Lepas Tangan Soal Pengusaha Kabur

Read Next

2020, Kebutuhan Air Capai 1.710 Liter Per Detik