SHARE

Batam, IsuKepri.com – Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyampaikan, pembangunan infrastruktur gas bumi merupakan salah satu kunci program konversi energi ke gas bumi dan penguatan kemandirian energi dalam negeri.

“Melalui pembangunan infrastruktur gas bumi, diharapkan sumber semakin terdiversifikasi, sehingga masyarakat dan perekonomian masyarakat tidak tergantung pada salah satu sumber energi yaitu BBM,” papar Sudirman saat meresmikan sejumlah infrastruktur gas bumi milik Perusahaan Gas Milik Negara Panaran Batam, Jumat (30/1).

Menteri ESDM ini juga menjelaskan, saat ini pemerintah konsen dan komitmen terus memperkuat kemandirian dengan optimalisasi seluruh potensi sumber energi di Indonesia.

“Dengan demikan, penurunan harga minyak dunia jangan membuat kita terlena, justru saat ini kita harus mempercepat pembangunan infrastruktur migas nasional agar sumber energi kita tidak tergantung pada produk impor,” ucapnya.

Akan hal itu, kata dia, pemerintah akan trus mendorong gas bumi salah satu energi utama melalui penambangan pasokan, pembangunan infrastruktur dan pembentukan pasokan dalam negeri.

Selain itu, proyek gas bumi yang diresmikan saat ini meliputi pipa distribusi gas bumi Panaran – Tanjunguncang, Batam dengan panjang 18 KM serta berdiameter 16 mm. Pipa yang mampu mengalirkan gas dengan kapasitas hingga 75 MMSCPD akan memenuhi sektor industri.

Sedangkan, rangkaian peresmian tersebut disaksikan oleh Gubernur Kepulauan Riau, Drs. H. Muhamad Sani, pejabat eselon II, Kementerian ESDM, Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso serta direksi dan komisaris PGN dan pejabat di lingkungan Pemprov Kepri. (AJANG NURDIN)

NO COMMENTS