Pameran Keris Digelar Tiga Hari di Batam

Batam, IsuKepri.com – Demi melestarikan budaya dan menanamkan rasa cinta budaya terhadap keris untuk masyarakat Kota Batam, Event Organizer Dinamika menggelar pameran keris bahari Sumatera selama tiga hari di Mega Mall Batam Centre.

Budayawan keris, Jimmy mengatakan, pameran keris yang dilakukan bertujuan untuk melestarikan budaya, mendekatkan budaya, dan menepis pikiran mistis terhadap keris dari masyarakat Kota Batam.

“Guna mendekatkan budaya Indonesia yaitu keris kepada masyarakat Kota Batam, jangan sampai mereka selalu beranggapan mistis terhadap keris. Keris malahan merupakan sebuah budaya yang indah milik Indonesia,” ujar Jimmy kepada www.isukepri.com, Jumat (23/1).

Pada pameran kali ini, kata Jimmy, seluruh keris yang dipamerkan berasal dari 3 orang kolektor keris Sumatera. Keris yang dipamerkan sebagian merupakan keris yang bisa dibeli dan sebagian keris yang tidak bisa dibeli.

Keris yang tidak bisa dibeli merupakan keris milik kolektor, yang mana keris tersebut mempunyai sejarah dalam berbagai peradaban. Walau demikian, menurut saya unsur mistisnya tidak terkandung dalam keris – keris tersebut, katanya.

Jimmy menambahkan, memang nilai ekonomis yang dimiliki oleh keris tidak terlepas dari hawa mistis yang terkandung didalamnya, hal tersebut menurutnya terkandung dalam keris Jawa bukan Sumatera.

“Sebagian masyarakat, umumnya banyak yang tidak paham bahwa keris bukan hanya berasal dari Jawa saja,” tambahnya.

Dari pameran yang berlangsung, bukan hanya keris yang dipamerkan melainkan kerajinan lain seperti batu, pakaian dan lainnya juga ikut meramaikan pameran kali ini. (SUTIADI MARTONO)

Alpian Tanjung

Read Previous

Keluarga Korban Kapal Tenggelam Minta KBRI Urus Santunan

Read Next

Pengawas Proyek Puskesmas Numbing Tutupi Identitas Kontraktor