Tahun 2015, Kapolda Kepri Prioritaskan Pengawasan Maritim

Batam, IsuKepri.com – Kebijakan pemerintah yang menitik beratkan atau berporos pada bidang maritim yang juga sejalan dengan Kepri yang sebagian besar wilayahnya terdiri atas kepulauan, maka Kapolda Kepulauan Riau Brigjen Pol Arman Depari akan memprioritaskan penanganan kasus kejahatan di perairan Kepri dalam tahun 2015 ini.

Menurut Kapolda Kepri ini, penanganan kasus di perairan Kepri seperti pencurian ikan, penyeludupan BBM dan penyeludupan barang di laut harus menjadi fokus terpenting, mengingat Kepri yang dinilai sangat strategis, karena berada di wilayah perairan internasional.

“Kepri ini, dekat dengan Selat Malaka dan Laut China Selatan. Selain Singapura dan Malaysia, Kepri juga berbatasan dengan laut Thailand beserta Vietnam. Sehingga berpotensi terjadi tindak kejahatan di laut,” ujar Brigjen Pol Arman Depari, Jumat (2/1).

Arman juga menambahkan, permasalahan maritim tidak hanya pada kasus pencurian ikan, berkaitan dengan itu didalamnya terdapat tindak pidana perompakan, pencemaran laut, penyeludupan termasuk traffiking.

“Bukan hanya kasus pencurian ikan, namun kasus lain seperti tindak pidana perampokan, pencemaran laut dan penyeludupan juga termasuk ke permasalahan maritim,” ucapnya.

Dalam penanganan permasalahan maritim, tentunya pihak kepolisian meminta kepada masyarakat Kepulauan Riau untuk bersama – sama membantu dalam pengawasannya.

“Kami berharap, masyarakat Kepri bisa ikut mengawasi tindak pelanggaran yang terjadi disekitar mereka. Agar apa yang kita lakukan bisa berjalan efektif,” ujarnya. (SUTIADI MARTONO)

Alpian Tanjung

Read Previous

Awal Tahun, Kasus Arif Jumana Pelimpahan Tahap Dua

Read Next

Polda Kepri Ungkap 3 Kasus Fenomenal di Tahun 2014