Bintan Miliki Batu Akik Jenis Kecubung Ametis dan Kinyang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Tidak disangka, Pulau Bintan yang kaya dengan sumber alamnya dan lokasi pariwisata yang indah, Bintan juga memiliki batu akik jenis kecubung Ametis dan Kinyang.

Batu akik asal Pulau Bintan ini juga, menarik para pemuda Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan yang gemar mengoleksi batu. Sehingga, para pemuda tersebut membentuk sebuah komunitas Batu Akik dan Permata (BAP) Kepri.

Awal dibentuknya komunitas ini, dari sebuah jejaring sosial (Facebook), dengan nama Batu Akik dan Permata (BAP), Tanjungpinang, Provinsi Kepri, ucap Ketua Komunitas BAP Kepri, Hayatul Ikhlas yang didampingi Sekretaris dan Bendaharanya di Gedung Bintan Expo Jalan Basuki Rahmad, KM 4 Tanjungpinang, Jumat (6/2).

Ia menjelaskan, tujuan dibentuknya komunitas batu akik tersebut, memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang hasil kekayaan alam Indonesia, yang mana selama ini selalu dibawa keluar negeri.

“Kebetulan saya lama di Banjarmasin, khususnya di Martapura. Disana, Dinas Pertambangan dan pimpinan daerah sangat mendukung para pengrajin, karena menambah pendapatan daerah, serta meningkatkan ekonomi kerakyatan,” ujar Hayatul kepada www.isukepri.com, di stan batu akiknya.

Akan hal itu, Hayatul mengatakan, komunitasnya berupaya menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga lain, baik itu pihak pemerintahan maupun swasta.

“Kerjasama ini juga masih dalam tahap proses, dan segera mungkin akan kami ajukan,” paparnya.

Selain itu, kata dia, komunitasnya juga berencana mengadakan even rutin, seperti momen tahunan yang dapat mendatangkan wisatawan lokal dan wisatawan asing.

“Momen atau even yang diadakan nanti, bisa dalam bentuk ‘Show and Sale Stone’ (pertunjukan dan penjualan batu), pameran, bahkan seminar,” katanya.

Keberadaan komunitasnya, tambah Hayatul, sangat direspon dari beberapa kalangan pejabat. Bahkan, member (Anggota) komunitas mereka, diantaranya dari Provinsi Kepri, Dinas Pertambangan, Pemko Tanjungpinang, dan Pemkab Bintan.

“Oleh karena itu, kami sangat berharap Pemerintah Provinsi Kepri, agar dapat membuat labor khusus tempat uji coba keaslian batu,” imbuhnya. (IS)

activate javascript

Alpian Tanjung

Read Previous

Bupati Bintan Kunjungi Stan Batu Akik di Bintan Expo

Read Next

Stan Biro Pembangunan Kepri Dikunjungi Dewan Pers