KBB : Jurnalis Harus Punya Integritas dan Wawasan

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Ketua Komunitas Bakti Bangsa (KBB) Kepri, Dody Rianto S.Pd mengatakan, seorang jurnalis harus mempunyai integritas. Disamping integritas, juga harus mempunyai wawasan yang luas.

Akan hal itu, KBB Kepri melaksanakan seminar dengan menghadirkan narasumber dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Batam, Muhammad Zuhri, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Nizal Mul Akhyar, dan Ketua KPU Kota Tanjungpinang yang juga mantan wartawan, Robby Patria Hidayat. Sehingga, dengan diadakannya acara ini, dapat membuka wawasan kebangsaan terhadap para jurnalis.

“Jurnalis yang dikatakan para narasumber tadi, banyak hal yang dapat kita petik, salah satunya jurnalis yang memiliki media, tapi tidak paham tentang menulis suatu berita,” ungkap Dody usai acara yang diadakan KBB di aula Asrama Haji Kota Tanjungpinang, Sabtu (28/2).

Bisa saja, tambah Dody, banyak yang mengaku – ngaku sebagai jurnalis (wartawan), akan tetapi tidak pandai atau kurang memahami terhadap tulisan suatu berita. Bahkan tidak pernah menulis suatu berita.

“Mengaku jurnalis tapi tidak menulis dan memiliki kartu pers tapi tidak memiliki media massa. Takutnya berbuat sesuatu yang dapat merugikan orang banyak,” kata Dody.

Oleh karena itu, lanjut Dody, menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan berbagai pihak. Karena, sekarang zamannya sudah canggih, zaman teknologi. Kartu Pers pun bisa dibuat oleh siapapun. Jadi harus waspada terhadap jurnalis bodong.

“Untuk itu, kita semua harus bekerjasama dengan pemerintah untuk mengantisipasi hal itu,” imbuhnya. (ISKANDAR)

Alpian Tanjung

Read Previous

AJI Batam : Pembaca Jangan Mudah Percaya Berita

Read Next

Kesbangpol : Ideologi Pancasila Seperti Pondasi Rumah