Komisi III DPRD Kepri Kunjungi KSOP Tanjungpinang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri mengunjungi Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, pada Senin (16/2). Kunjungan itu juga, terkait pengoperasian KM Perintis yang telah lama ditunggu oleh masyarakat Kepri, akhirnya membuahkan hasil dengan ditandai pelayaran perdana KM Sabuk Nusantara 30 pada 20 Februari 2015 mendatang.

“Hal ini, tentunya kita bersyukur dan kami ucapkan terimakasih kepada KSOP Tanjungpinang, maupun Gubernur Kepri yang ikut mengupayakan pengoperasian KM Sabuk Nusantara 30,” ucap Sekretaris Komisi III DPRD Kepri, Sofyan Samsir.

Ia mengatakan, Komisi III DPRD Kepri juga telah memperjuangkannya cukup lama, dan demi kepentingan masyarakat Kepri. Apalagi, ketersediaan transportasi laut ini juga, tambahnya, memang menjadi hak dasar bagi masyarakat khususnya daerah kepulauan seperti Kepri.

“Selain transportasi tersebut, hak masyarakat terhadap kebutuhan listrik, air dan komunikasi merupakan prioritas yang harus dipenuhi,” ucap Sofyan yang mewakili kunjungan rombongan Komisi III DPRD Kepri ke KSOP Tanjungpinang.

Sementara, terkait kebutuhan pangan di Kepri, kata dia, belum pernah didengarnya ada masyarakat Kepri yang meninggal dunia karena kelaparan.

“Kekhawatiran hanya ketika tidak ada akses kapal, sehingga kebutuhan makanan dan lainnya mengalami kelangkaan dan harganya melambung tinggi,” katanya.

Selama ini, menurut dia, kapal kayu yang dimiliki pedagang untuk mengangkut dagangannya antar pulau tidak berani melaut, karena terkendala cuaca. Selain itu, terkait keterlambatan pengoperasiannya, Komisi III DPRD Kepri yang diwakili Sofyan Samsir bersama Sahmadin Sinaga mengharapkan, masyarakat agar bisa memakluminya.

“Supaya tidak terjadi keterlambatan ini, nantinya kita bersama masyarakat Kepri akan mengingatkan kepada KSOP agar hal yang sama tidak terjadi lagi pada tahap berikutnya,” ucap Sofyan.

Ia mengatakan, meski hanya 1 dari 3 KM Perintis yang beroperasi, diharapkan bisa memperkuat kembali perekonomian masyarakat Kepri. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

PMII Akan Gelar PKD Se – Kepri

Read Next

Dinsosnaker Pulangkan 8 Orang Terlantar di Tanjungpinang