BPBD Salurkan Dana Rp120 Juta Untuk Korban Kebakaran

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang, menyalurkan dana bantuan sebesar Rp120 juta untuk para korban kebakaran di Jalan Sultan Machmud, gang Swadaya Tanjungunggat, Jumat (27/3).

Kepala BPBD Kota Tanjungpinang, Agustiawarman mengatakan, bantuan yang diberikan itu juga untuk 8 pemilik rumah dan 17 penyewa. Dari 17 penyewa itu, 5 diantaranya imbas dari kebakaran.

“Dari keseluruhan bantuan uang Rp120 juta yang disalurkan tersebut, para korban penerimanya bervariasi, antara pemilik rumah dan penyewa rumah,” kata Agus kepada www.isukepri.com di posko penampungan korban.

Bantuan terbesar senilai Rp14 juta, dengan tingkat kerugian besar yang diderita oleh korban. Sedangkan yang terkecil senilai Rp1 juta dengan tingkat kerugian rendah. Sedangkan rincian untuk penyewa Rp3 juta hingga Rp5 juta.

“Rumah yang terbakar dengan 3 pintu dihitung 1 rumah. Artinya, jika warga memiliki rumah 3 pintu, kita hitung 1 rumah. Pihak kita memahami dan memberikan bantuan untuk 8 pemilik rumah saja dengan jumlah Kartu Keluarga (KK) sebanyak 18,” ungkap Agus.

Selain itu, kata Agus, rumah itu ada yang ditempati pemilik langsung dan ada yang disewakan. Bahkan, ada juga pemilik rumah tapi pemilik rumah tersebut tidak tinggal di rumah yang dimilikinya.

“Jadi, data ini kita terima berdasarkan dari Lurah dan Camat,” ucapnya.

Bantuan ini, kata dia, disalurkan melalui Bank Riau Kepri dan diserahkan kepada pihak kelurahan dan penerima dipersilahkan untuk mengecek langsung bantuan tersebut di rekening masing – masing.

“Kita jamin tidak ada kekurangan dan penyimpangan dana bantuan ini,” katanya.

Agus menghimbau kepada masyarakat agar waspada. Sehingga, kejadian ini tidak terulang kembali.

“Pak Walikota juga berpesan, biarlah mengalah sedikit untuk kepentingan orang banyak dan akses jalan juga diperhatikan. Dengan tujuan, apabila terjadi peristiwa seperti ini lagi, mobil pemadam bisa menjangkau lokasi kebakaran,” imbuhnya. (ISKANDAR)

Alpian Tanjung

Read Previous

Olga Syahputra Dikabarkan Meninggal Di Singapura

Read Next

Dewan Berang Atas Penyaluran RTLH Pakai Data Jadul