Buah Kepayang Dapat Sembuhkan Berbagai Penyakit

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Buah kepayang atau biasa disebut buah kembang semangkok, diketahui dapat menyembuhkan penyakit. Tanaman pohon kepayang ini, berbuah lima tahun sekali, buah yang banyak manfaatnya ini bisa membuat orang yang sakit menjadi sembuh.Buah yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sudah banyak yang membuktikan khasiatnya.

“Dulu saya deman panas dan susah buang air besar, setelah saya mengkonsumsi buah kembang semangkok itu, penyakit saya sembuh,” ujar seorang warga yang mengkosumsi buah kembang semangkok, Indah, Selasa (24/3).

Buah kembang semangkok dikatakan mampu dijadikan sebagai obat untuk merawat asma, batuk kering, wasir, berbagai jenis demam panas, pendarahan (hidung, perut, usus atau pundi kencing), penawar racun, melawaskan pembuangan air besar, merawat masalah kulit yang terlampau terdedah kepada cahaya matahari, masalah ginjal, sakit mata, sakit gigi, cacing dalam perut dan usus, cirit-birit dan disenteri. Bijinya juga dikatakan boleh dibuat teh herba untuk merawat bronkitis dan juga dijadikan obat luaran, selalunya air rendaman kembang semangkuk perlu diembunkan semalaman sebelum diminum.

“Cara membuat buah ini bisa dijadikan obat penyembuh penyakit sangat mudah yaitu buat kepayang ini direndam ke dalam air putih, ucap indah.

Cara penyediaannya mudah, ambil 2 – 3 biji buah kembang semangkuk dan rendamkan dengan air panas, campur dengan gula secukupnya. Biarkan selama 4 jam, sampai buah itu kembang. Setelah itu kembang air tersebut diminum. (Winda)

Alpian Tanjung

Read Previous

Dua Pengedar Narkoba Dituntut 15 Tahun Penjara

Read Next

Pemkot Depok Belajar ke Pemkab Bintan