Dispenda Bakal Naikkan NJOP PBB P2 di Batam

Batam, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Batam tengah melakukan ancang – ancang untuk manaikkan tarif Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) PBB P2 di Batam. Upaya ini dilakukan guna mengikuti harga pasar dan tentunya mendongkrak pendapatan daerah sektor itu.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Batam, Jefridin mengutarakan, targetnya memang agar pendapatan daerah meningkat. Dimana tahun 2015 ini sektor tersebut baru ditargetkan Rp91 miliar lebih. Dengan kenaikan tersebut, peningkatan penerimaan PBB P2 bisa sampai tiga kali lipat.

“Target kita mengalahi pajak BPHTB. Sekarang baru Rp91 miliar (PBB P2). Sekarang kita menargetkan NJOP agar naik. Kita mau menyusaikan, dengan harga pasar secara bertahap,” papar Jefridin usai acara bulan panutan PBB P2 yang berlangsung di Lantai IV Gedung Pemko Batam, Kamis (26/3).

Melihat harga pasar, lanjut Jefridin, NJOP yang berlaku di Batam saat ini sudah tidak sesuai. Ia mencontohkan, di Kecamatan Sekupang, NJOP sesuai harga pasar sudah Rp1 juta per meter, bahkan lebih. Sementara instansinya hanya menetepkan Rp350 ribu per meter.

“Contoh di Sekupang, Rp1 juta per meter. Sementara kita Rp350 ribu per meter. Jelas, jauhkan. Sekarang sepertiga dari harga pasar,” katanya.

Ia mengatakan, kenaikan akan dilakukan secara bertahap dengan pertimbangan utama kemampuan masyarakat. Ia juga tidak menargetkan NJOP akan naik sesuai dengan harga pasar, namun paling tidak separuh dari harga itu, sehingga beban warga juga tidak berat.

Untuk melangkah kearah tersebut, Jefridin saat ini tengah melakukan pemutakhiran data untuk sembilan kecamatan, setelah tahun lalu baru tiga kecamatan yang selesai. Setelah itu semua, maka baru akan dilakukan kajian berapa kenaikan.

“Tahun ini belum. Sekarang kita lagi lakukan pemutakhiran data. Tahun lalu kan tiga, sekarang sisanya. Bila tahun ini selesai, maka tahun depan NJOP akan kita naikkan. Kenaikan nanti tergantung Pak Walikota. Karena NJOP ini kewenangan Walikota Batam,” tutupnya. (SUTIADI MARTONO)

Alpian Tanjung

Read Previous

Golkar Dukung Khazalik – Dalmasri Pada Pilkada 2015

Read Next

Genjot Wisatawan Muslim, Dispar Tingkatkan Kenyamanan Mushola