Handarlin Dapat Promosi Jabatan Kabiro UIN Yogyakarta

Bintan, IsuKepri.com – Salah satu Staf Analis atau yang dulunya disebut Staf Khusus Bupati Bintan, Drs. Handarlin Umar, saat ini mendapatkan promosi jabatan menjadi salah satu Kepala Biro di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang dilantik pada hari Rabu, (4/3).

Hal ini juga, merupakan salah satu penghargaan bagi Pemerintah Kabupaten Bintan, dimana salah satu pegawai Pemkab Bintan mendapatkan promosi sebagai Kepala Biro di salah satu Universitas yang terkenal di Indonesia.

Sebelum staf khusus Bupati Bintan, Handarlin merupakan mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kepri. Saat menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Propinsi Kepulauan Riau, Handarlin juga banyak mendapat prestasi yang luar biasa. Salah satu prestasi yang pernah diraihnya adalah prestasi dibidang administrasi keuangan terbaik se Indonesia di lingkungan Kementerian Agama.

Selain itu, Handarlin Umar juga merupakan Pimpinan Pondok Pesanteren Madani Ceruk Ijuk yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Bintan. Selama kepemimpinannya di Pondok Pesanteren Madani Ceruk Ijuk, banyak perkembangan dan kemajuan yang diraih. Selain itu, Handarlin juga banyak memberikan sumbangsih/ kontribusi berupa ide – ide didalam kemajuan bidang keagamaan di daerah Kabupaten Bintan.

Setelah dilantik sebagai Kepala Biro UIN, Handarlin langsung melaporkan kepada Wakil Bupati Bintan, Drs. Khazalik dan Sekda Bintan, Ir. Lamidi.

Atas pelantikan Handarlin tersebut, Sekda Kabupaten Bintan, Lamidi melaksanakan perpisahan dengan Handarlin di ruang rapat Sekda Bintan, Bintan Buyu, pada Jumat (6/3) sekitar pukul 09.30 WIB. Pada acara itu turut hadir para Staf Ahli dan Staf Khusus, Kabag dan Kasubbbag di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan.

Dalam sambutannya, Handarlin Umar mengatakan, pada malam selasa kemarin ia ditelpon oleh Kepala Biro Kepegawaian Kementerian Agama Republik Indonesia, yang memberitahukannya ada pelantikan pada Rabu.

Waktu itu saya tidak tau mau ditempakkan diposisi mana. Saya baru tau setelah selesai acara pelantikan dan saya ditunjuk sebagai Kepala Biro di UIN Jogja, ucap Handarlin.

Selain itu, ia mengatakan, dirinya mulai aktif melaksanakan tugas kerja ditempat barunya pada Senin, (9/3) mendatang. Selama bertugas di Kabupaten Bintan, ia merasa sangat bangga dengan Pemerintah Kabupaten Bintan di bawah pimpinan H. Ansar Ahmad, SE, MM, bersama Wakil Bupati Bintan, Drs. Khazalik, serta Sekda Bintan, Ir. Lamidi.

Karena saya melihat dari segi bidang keagamaan di Kabupaten Bintan sangat maju dan luar biasa, terutama umat Islam yang ada di Kabupaten Bintan. Oleh sebab itu, kita harus banyak bersyukur, apalagi dengan pembangunan Masjid yang sangat megah di wilayah Kabupaten Bintan dan akses – akses jalan yang memudahkan kita untuk menuju dari satu tempat ke tempat lain, serta hidup dengan penuh rasa kebahagiaan lahir dan batin, katanya.

Sebagai Ketua Yayasan Pondok Pesanteren Madani Ceruk Ijuk Kabupaten Bintan, Handarlin mengaku, banyak mendapat inspirasi dari Bupati Bintan. Dalam melaksanakan tugas, ia berusaha keras membangun dan mengoperasikan pesantren tersebut dengan sungguh – sungguh, dengan membenahi terlebih dahulu fisiknya. Dan langkah berikutnya melakukan pembinaan guru dan santri – santri yang menimba ilmu di Pondok Pesanteren Madani Ceruk Ijuk.

Handarlin mengatakan, meski ia sudah bertugas diluar Provinsi Kepulauan Riau, tapi Pemerintah Kabupaten Bintan masih mempercayainya untuk tetap memegang Yayasan Pondok Pesanteren Ceruk Ijuk, dan melakukan pembinaan dengan jarak jauh. Karena dia yakin dengan kecanggihan teknologi pada saat ini.

Bisa menggunakan media telepon, dan internet, misalkan seperti email yang bisa digunakan dalam berkomunikasi dalam menjalankan pekerjaan untuk kemajuan Pondok Pesantren, ucapnya.

Selain itu, Handarlin juga menyampaikan permohonan maaf kepada Pemerintah Kabupaten Bintan, sebenarnya dia sangat ingin sekali untuk mengabdi di tanah kelahirannya di wilayah Propinsi Kepri ini, dan membangun kemajuan kampung sendiri. Tetapi, karena PNS harus siap ditempatkan dimana saja, maka ia harus melaksanakan perintah yang telah diamanahkan. (ZAI)

Alpian Tanjung

Read Previous

Penggerebekkan Narkoba, Mantan Napi Ikut Ditangkap Polisi

Read Next

Berkat Resep Nenek, Selvia Sukses Kembangkan Usaha Cake Pisang