SHARE

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi Kepri, Kartika Kusumahastuti menyampaikan, banyak peluang usaha yang belum terjamah dan terpikirkan oleh masyarakat khususnya di Kepri.

“Ini disebabkan banyak pengusaha yang berasal luar daerah,” ucap Kartika dalam seminar sehari yang diadakan Komunitas Mahasiswa Perbatasan, Sabtu (28/3).

Sebagai narasumber dalam seminar yang mengangkat tema Kepri sebagai wilayah strategis Indonesia, Kartika mengatakan, selain itu ada juga beberapa hambatan bagi pengusaha untuk membangun bisnis di perbatasan.

“Seperti kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM), dan infrastruktur yang tidak memadai,” katanya.

Namun, tambahnya, tidak hanya hambatan, tetapi banyak peluang yang bisa dibangun untuk dijadikan bisnis di wilayah perbatasan, satu diantaranya dengan mengelola hasil laut seperti gonggong dan ikan bilis yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan produk lokal dan dapat didistribusikan ke daerah lain.

“Namun, untuk membangun bisnis, harus memiliki jiwa kejujuran, komitmen dan konsisten yang merupakan kunci dari kesuksesan dalam bidang apapun,” imbuhnya. (Nurlela)

NO COMMENTS