Lee Kuan Yew Ikut Sukseskan FTZ

Batam, IsuKepri.com – Mantan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Kuan Yew disebutkan ikut mensukseskan kawasan perdagangan Free Trade Zone (FTZ) Batam, Bintan dan Karimun. Bahkan, Lee juga ikut mendorong pembangunan Kota Batam.

Selain itu, menurut Konsulat Singapura, Gavin Chay, Batam juga sangat memiliki hubungan erat dengan Singapura.

“Pak Lee bukan hanya Singapura, melainkan telah berkontribusi kepada kawasan Asean, seperti untuk Malaysia, Myanmar, dan Indonesia, bahkan khsusnya Batam,” ujar Gavin di Batam, Kamis (26/3).

Selain itu, tambahnya, Batam ini juga ada peran kerja sama antara Lee Kuan Yew dengan Habibie dan Soeharto. Dia (Lee Kuan Yew) berkawan baik dengan, Soeharto, Megawati, Habibi dan Gusdur bahkan SBY,” ujar Gavin.

Sementara, di sela – sela kunjungan ke Konsulat Singapura di Sumatera Promotor Centre (SPC) Walikota Batam, Ahmad Dahlan menyampaikan, Batam dan Singapura mempunyai hubungan erat.

“Sebelum kemerdekaanpun, hubungan Batam – Singapura sudah terjalin terutama soal perdagangan,” ucap Dahlan.

Bahkan dia menambahkan, dari Batam mau masuk Singapur pada masa sebelum kemerdekaan tidak perlu menggunakan pasport. Selain itu, Batam ini juga ada kerja sama antara Lee Kuan Yew dengan Habibie dan Soeharto. Kerja sama antara Ketua Otorita Batam kala itu Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden RI ke – 2 Soeharto dan Lee Kuan Yew telah membawa perubahan besar bagi Batam, dari pulau biasa menjadi pusat investasi dan motor penggerak perekonomian nasional. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Genjot Wisatawan Muslim, Dispar Tingkatkan Kenyamanan Mushola

Read Next

Satpol PP Amankan 7 Pelajar Keluyuran Diluar Sekolah