SHARE

Batam, IsuKepri.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, akan meluncurkan program Sistem Informasi Cermat Pendataan Sekolah (Si Cerdas) di Batam.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin menjelaskan, aplikasi ini hampir sama dengan sistem online seperti yang digunakan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, tapi ini sudah disempurnakan lagi.

”Kalau dalam sistem PPDB online – kan hanya dapat memantau peringkat dan nilai dari siswa yang mendaftar serta kapasitas daya tampung penerimaan siswa oleh sekolah. Sedangkan sistem Si Cerdas Batam mampu memantau lebih dari itu,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim, Jumat (27/3).

Lanjutnya, dengan sistem ini, dikatakan mampu untuk memantau absensi siswa, absensi guru.

“Dengan begitu, masyarakat atau wali murid tak perlu repot datang langsung ke sekolah menanyakan bagaimana perkembangan anaknya yang bersekolah, apakah masuk sekolah atau tidak, cukup membuka website sicerdasbatam.id,” ucapnya.

Sistem ini atau ide ini muncul dari internal Disdik Batam. Sebab banyak keluhan dari wali murid yang ternyata tak tahu yang dilakukan anaknya di sekolah.

“Program Si Cerdas Batam, sudah disosialisasikan hamper diseluruh sekolah di 11 kecamatan se – Batam,” tegasnya.

Sementara itu, Disdik Batam sendiri akan meluncurkan secara resmi program sistem Si Cerdas Batam pada 2 Mei 2015 yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. (SUTIADI MARTONO)

NO COMMENTS