Menhub Tegaskan KSOP Untuk Awasi Penumpang Kapal

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), Ignasius Jonan menegaskan, Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang untuk mengawasi penumpang yang menggunakan kapal laut, agar tidak melebih kapasitas.

“Pokoknya, saya tegaskan kepada pihak KSOP Tanjungpinang untuk mengawasi penumpang yang berangkat dan tidak boleh melebih kapasitas. Hal ini, supaya tidak terjadi musibah,” papar Ignasius saat kunjungan kerjanya dan meninjau Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, yang didampingi oleh Gubernur Kepri, Walikota Tanjungpinang beserta jajaranya, Kamis (12/3).

Peninjauan yang dilakukan Menhub itu juga didua lokasi, yaitu pelabuhan penumpang Domestik dan Internasional. Kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Batam dan setelah itu ke Pekanbaru. Selain itu, kunjungan Menhub ini juga dalam rangka mengecek semua lokasi pelabuhan yang ada di Sumatera.

Terpisah, Kepala Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Surono saat ditemui media ini terkait penumpang tidak boleh melebihi kapasitas tersebut mengaku akan melakukan pemantauan di lapangan, khususnya penumpang pelabuhan yang berangkat.

“Memang setiap penumpang yang ingin berangkat, petugas kita akan memantau. Tapi apabila melebihi kapasitas, maka pemilik kapal akan kita berikan peringatan,” katanya.

Bahkan, katanya, apabila pemilik kapal tidak mematuhui teguran, maka pihaknya akan menghentikan keberangkatan kapal tersebut.

“Kita akan berhentikan keberangkatan kapal mereka, apabila mereka tidak mengikuti aturan dari kita,” ujarnya. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Kebersihan Salah Satu Wisma di Tanjungpinang Tak Terjaga

Read Next

Alokasi APBN Untuk Kepri Mendekati Rp1 Triliun