Wawako Tinjau Pelaksanaan UN Online di SMK 1 Tanjungpinang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul S Pd meninjau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis online computer based test (CBT) hari pertama di SMK 1 Tanjungpinang, Senin (13/4).

Peninjauan UN online itu juga, Syahrul didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. HZ. Dadang AG, Kepala Sekolah SMKN 1, dan Kepala Kasi SMK Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Sebelum berkeliling ruangan ujian, Syahrul memberikan pengarahan kepada seluruh guru pengawas. Pada kesempatan itu, Syahrul mengatakan, SMKN1 merupakan sekolah di Provinsi Kepri yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer.

Oleh karena itu, para pengawas mempunyai andil yang cukup besar, supaya pelaksanaan ujian ini berjalan dengan lancar, ucap Syahrul.

Selain itu, para pengawas juga diharapkan bisa memberikan hal – hal positif kepada seluruh siswa/ siswi yang mengikuti UN.

Saya minta bapak ibu bisa memberikan motivasi, kepercayaan, dan ada rasa kedekatan dengan para pelajar. Sehingga siswa siswi kita tidak merasa ketakutan dalam melaksanakan ujian. Anggap saja mereka adalah anak – anak kita sendiri,” ujarnya.

Menurut Syahrul, pelaksanaan UN secara serentak di seluruh Indonesia ini, SMK 1 Tanjungpinang adalah satu – satunya sekolah di Provinsi Kepri yang melaksanakan UN dengan berbasis komputer. Tentunya, pemerintah dan wali murid berharap, para pelajar dapat mengerjakan soal dengan efesien waktu dan lebih simple, sehingga meraih hasil yang terbaik.

“Pemerintah Provinsi Kepri dan Tanjungpinang sendiri berharap, pelaksanaan UN berbasis komputer di SMKN 1 ini bisa menjadi percontohan untuk sekolah – sekolah lain di tahun – tahun berikutnya,” tutur Syahrul.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Drs. HZ. Dadang AG mengatakan, untuk pelaksanaan ujian nasional tingkat SLTA tahun 2015 ini, jumlah keseluruhan siswa siswi yang mengikuti ujian nasional yakni untuk SMA diikuti sebanyak 1.530 siswa/ siswi, dan SMK diikuti sebanyak 1.214 siswa dan siswi.

“Saya berharap, pelaksanaan ujian tersebut dapat berjalan dengan lancar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Tanjungpinang, Delisbeth S. Pd menjelaskan, pelaksanaan UN berbasis komputer di SMKN 1 diikuti sebanyak 379 pelajar.

“Pelaksanaan UN itu dibagi menjadi 3 sesi, untuk sesi pertama dimulai pada pukul 07.30 WIB, sesi kedua 10.30 WIB dan sesi ketiga pukul 14.00 WIB,” ucapnya.

Sementara jumlah komputer yang tersedia sebanyak 140 komputer, yang terbagi di 19 ruangan kelas, masing – masing ruangan terdiri dari 20 siswa/ siswi, dan ruangan terakhir sebanyak 19 siswa.

“Masing – masing ruangan diawasi dua orang guru pengawas silang, UN akan berlangsung selama 4 hari, dan mata pelajaran di hari pertama UN adalah Bahasa Indonesia,” katanya.

Usai memberikan pengarahan, Wakil Walikota Tanjungpinang, berkeliling ruangan untuk memantau jalannya hari pertama pelaksanaan UN berbasis computer tersebut. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

Komisi I Sidak Penimbunan Bakau SBC

Read Next

DPRD Kepri Bentuk Pansus Ranperda LPP – KCSTV