Koperasi Harus Dikelola Dengan Manajemen yang Baik

Bintan, Isukepri.com – Sesuai dengan fungsi dan perannya, koperasi sebagai salah satu pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia, mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan perekonomian nasional bersama-sama dengan pelaku-pelaku ekonomi lainnya. Oleh karena itu, koperasi harus di kelola dengan manajemen yang baik.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Iskandar disela-sela acara Pelatihan Pembinaan Manajemen Koperasi se-Kabupaten Bintan di Hermes Agro Resort Km, 25 Kawal-Gunung Kijang, Senin (11/5.)

Iskandar mengatakan, banyak koperasi yang lemah dibidang manajemen sehingga sulit mengembangkan usahanya seperti ketika ada yang meminjam modal dan belum ada kejelasan kapan akan dikembalikan modal yang telah dipinjam tersebut. Maka dari itu, perlu adanya pelatihan khusus agar ke depan manajemen koperasi lebih bagus lagi dan diharapkan koperasi dapat membantu pemerintah dalam mendorong dan memajukan Usaha Kecil Mengenah (UKM) khususnya di Kabupaten Bintan guna mencapai masyarakat maju adil dan makmur.

Pelatihan ini kita berikan kepada pelaku koperasi se-Kabupaten Bintan agar manajemen koperasi ke depan semakin bagus dan sekaligus dapat memajukan UKM ujar Iskandar.

Dalam era masyarakat ekonomi Asean yang akan diberlakukan Desember mendatang, tambah Iskandar, pelaku-pelaku usaha kecil dan menengah termasuk koperasi harus mampu memiliki daya saing dan memiliki SDM yang berkualitas.

Pelantikan ini juga bertujuan dalam rangka memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), dimana pelaku usaha harus siap menghadapi persaingan tersebut. Jadi ini salah satu cara kita untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam pengelolaan usaha koperasi, jelasnya.

Iskandar berharap, dengan keahlian dalam manajemen ini nantinya tidak ada lagi koperasi yang tidak mampu mengembangkan usahanya. (Zai)

suprapto

Read Previous

Pancake Durian Tok Ngah Dengan Berbagai Varian Rasa

Read Next

Pro – Kontra Tambahan Persyaratan Masuk Sekolah Dasar