MUI : Pemimpin Daerah Harus Peduli Persoalan Umat

Batam, IsuKepri.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam meminta kepada calon kepala daerah yang bertarung pada Desember mendatang untuk peduli terhadap persolan umat, salah satunya seperti meningkatkan kesejahteraan umat.

Ketua MUI Batam, KH.Usman Ahmad mengakui, akhlak dan moral umat dalam kondisi darurat. Oleh sebab itu menurutnya, Batam memerlukan pemimpin yang dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

Menurut Usman, faktor lemahnya akhlak dan moral tersebut diawali dengan ketidakmampuan pemimpin daerah meningkatkan kesejahteraan umat.

“Pemimpin haruslah mengerti keadaan umat,” ucapnya, Selasa (26/5).

Ia menjelaskan, ketika tingkat kesejahteraan umat dalam keadaan darurat, maka akan timbul berbagai macam persoalan sosial di masyarakat. Adapun persoalan tersebut seperti, narkoba, perjudian, prostitusi, premanisme dan kriminalitas lainnya.

Oleh karena itu, pemimpin memiliki tanggungjawab mengatasi persoalan tersebut. Pasalnya, persoalan keumatan ini cukup serius sehingga butuh intevensi kebijakan yang tegas dari pemerintah.

“Saya yakin calon pemimpin mengerti dengan persoalan umat ini,” katanya.

Ia berharap pemimpin yang terpilih nantinya benar-benar punya komitmen keislaman yang kuat, sehingga mampu membangun masyarakat sesuai etika Islam.

Pemimpin demikian, sambungnya, diharapkan mampu menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan kehidupan umat.

“kalau kita ada di lingkungan baik kita akan jadi baik juga, begitupun sebaliknya,” ucapnya.

Pemimpin, katanya, bukan hanya sebagai kepala pemerintahan saja melainkan juga sebagai panutan masyarakat.

“Tugas kita bersama mengatasi masalah keumatan ini, tidak bisa diserahkan ke pemuka agama saja,” pungkasnya.(SUTIADI MARTONO)

suprapto

Read Previous

‎Sekwan DPRD Batam Dimintai Ketarangan Oleh Kejari Batam

Read Next

481 Guru Honorer K2 Tuntut SK CPNS