PAN Batam Lakukan Survey Balon Wako dan Wawako

Batam, IsuKepri.com – DPD PAN Batam akan melakukan survey untuk Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang telah mengembalikan formulir pendaftaran di awal Juni.

Ketua Penjaringan PAN Batam Setyasih Priherlina mengatakan, survey tersebut akan dilakukan oleh lembaga survey profesional dari Jakarta, yaitu lembaga Carta Politik dan Jaringan Survey Indonesia (JSI).

Menurutnya, survey penting dilakukan untuk mengetahui elektabilitas calon kepala daerah yang akan diusung pada pemilu Desember mendatang.

“Kami akan melakukan survey di Bulan Juni,” ucapnya, Kamis (28/5).

Ia menjelaskan, sebelas nama telah mengambil formulir di Kantor PAN Batam, baik sebagai balon Wako dan Wawako. Namun, hanya delapan nama yang mengembalikan fomulir.

Adapun nama-nama tersebut yaitu Ria Saptarika dan Dorlan Naibaho, keduanya mendaftar sebagai balon Wali Kota Batam.

Sedangkan untuk balon Wakil Wali Kota Batam, yaitu Danir Tan, Zulkifli Aka, Jeffridin, Yuhendri, dr. Evionora Azhar dan Andi Syahrial. Kemudian balon yang belum mengembalikan formulir Asmin Patros, khamsah dan Mangasi Panjaitan.

“Kita masih menunggu balonyang belum megembalikan hingga survey dilakukan,” ujarnya.

Terkait tes fit and proper test, lanjutnya, pihaknya menggunakan sistem jemput bola, yaitu dengan mendatangi balon tersebut. Sistem tersebut dinilai lebih fleksibel dan tidak kaku.

“Kami telfon mereka kapan punya waktu. Kalau tempatnya bisa dimana saja, warung kopi, rumah makan, bahkan ada juga dirumahnya,” katanya.

Untuk materi tes fit and proper test, kata Setyasih, sama seperti partai lainnya. Namun, PAN Batam mengutamakan intelektual dan logistik masing-masing balon tersebut.

Untuk koalisi, PAN Batam terus melakukan penjajakan dengan beberapa partai. Penjajakan tersebut perlu dilakukan karena hanya memiliki lima kursi di DPRD Batam.

“Kita terus penjajakan dengan Demokrat, PDIP dan PKPI,” ujarnya.‎(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Berikut Penjelasan Udin Sihaloho Kepada Perwakilan Guru Honor K2

Read Next

Dewan Inginkan PPDB Transparan, Ini Jawaban Kadisdik Batam