RTLH Direalisasikan Pasca Lebaran

Batam, IsuKepri.com – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan merealisasikan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) setelah lebaran Idul Fitri mendatang.

Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Raja Kamarulzaman mengatakan, pihaknya masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dan akan selesai pada akhir bulan ini(Juni).

Selain sosialisasi, pihaknya juga masih melakukan pendataan rumah warga yang berhak mendapatkan bantuan itu. Bila pendataan selesai, pihaknya akan segera memulai program sosial itu.

“Paling cepat akhir bulan ini selesai sehingga pasca lebaran nanti sudah dibangun,” katanya.

Lanjutnya, Untuk tahun ini, Pemko akan merenovasi sebanyak 747 rumah. Jumlah rumah tersebut masuk dalam program pengentasan kemiskinan dalam APBD 2015, setiap rumah mendapatkan bantuan Rp22 juta.

“Tahun ini ada 747 rumah akan mengikuti program itu,” ujarnya.

Untuk mengikuti program tersebut, pemerintah mengutamakan pemilik rumah adalah penduduk Batam dan tanah adalah milik sendiri.

“Artinya bukan tanah liar,” kata dia.

Ia menjelasakan rumah yang dibangun harus berdiri di tanah milik sendiri. Bukan tanah milik Badan Pengusahaan Kawasan Batam yang sudah dialokasikan untuk perusahaan swasta atau instansi pemerintah lainnya.

Sejak berjalannya program renovasi RTLH sejak 2011 lalu, katanya, Pemko sudah memberikan bantuan RTLH terhadap 26 ribu rumah.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Batam Rudi mengatakan jumlah rumah yang mengikuti rehabilitasi RTLH tahun ini lebih sedikit ketimbang tahun sebelumnya, karena harga bahan bangunan yang meningkat.

“Jumlah anggaran yang disiapkan kurang lebih tetap sama, tapi jumlah rumahnya berkurang,” kata dia.

Menurut Rudi, Pemko selalu berupaya melaksanakan program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain bedah rumah, masih banyak program pemerintah yang bertujuan mensejahterakan masyarakat Batam.

“Dengan bantuan-bantuan tersebut, diharapkan masyarakat Batam dapat terbantu sehingga tidak meringankan beban kehidupan mereka,” ujarnya.(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

The Heaven Bakal Jadi Hotel & Resort Mewah Paling Nyaman di Bintan

Read Next

Batam Hanya Terima Dua Kapal Bantuan