SHARE

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Menurut Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Hanafi Ekra dihadapan ratusan mahasiswa dalam seminar yang bertajuk ‘Membangun Pendidikan Karakter, Wujudkan Genarasi Berkualitas’ bahwa Kesalehan sosial adalah kesalehan yang terbentuk dari kesalehan setiap individu yang ada dalam sebuah masyarakat. Kesalehan sosial tidak akan berdiri sendiri tanpa pendidikan. Pendidikan yang baik akan menggiring pada kesalehan sosial pada diri pribadi individu.

Kegiatan yang diselenggarakan di Asrama Haji Tanjungpinang, Kamis malam (28/5) itu, Hanafi Ekra memaparkan bahwa lembaga pendidikan harus memiliki tekad yang besar untuk melahirkan generasi yang berkualitas.

“Lembaga pendidikan harus memiliki tekat yang kuat sehingga melahirkan manusia yang berkualitas, terutama dalam membentuk pribadi yang peduli dan santun,” katanya.

Lebih lanjut, Hanafi Ekra mengatakan bahwa sebagai sebuah negara yang dibangun atas pondasi keberagaman, maka perlu adanya upaya yang keras dalam merawat negara ini. Berkaitan dengan kehidupan bernegara dan beragama, maka bagi setiap individu terikat dengan ikatan sosial yang menjadi aturan baik dalam praktik bernegara maupun beragama.

“Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, tentu terdapat norma yang mengaturnya. Norma adalah peraturan-peraturan yang diharapkan agar setiap manusia mematuhinya dalam hubungan dengan orang lain,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa manajemen diri, perlu dilakukan agar setiap waktu yang dihabiskan tidak terbuang dengan sia-sia.

“Manajemen diri dalam mengendalikan kesalehan sosial sangat penting dilakukan. Orang yang baik, maka ia tidak akan menyia-yiakan waktu dengan hal-hal yang tidak berguna atau dalam kata lain hal-hal yang negatif. Orang yang memiliki kesalehan sosial, akan memanfaatkan waktunya untuk mengumpulkan pundi-pundi kebaikan yang dapat meningkatkan kemaslahatan bersama,” katanya. (SLK)

SHARE

NO COMMENTS