SHARE

Karimun, Isukepri.com – Nabi Muhammad SAW dijadikan oleh Allah SWT sebagai rahmatan lil’alamin (Rahmat seluruh alam) tidak hanya bagi manusia, melainkan makhluk ciptaan Allah SWT termasuk alam yang tak kasat oleh mata. Seluruh makhluk di bumi dan dilangit diberikan rahmat oleh Allah SWT.

Ust. Zulkipli Mubarrak S.Pd.I, Perwakilan Pondok Pesantren Darul Taufiq Kabupaten Karimun dalam sebuah dialog keagamaan yang digagas oleh Forum Pemberdayaan Pesantren (FPP) Kepulauan Riau, Sabtu (27/6) kemarin, mengatakan dengan cara yang santun, cinta damai dan berakhlak Rasulullah berdakwah. Sebagai nabi akhir zaman, Muhammad diutus oleh Allah untuk menyempurnakan akhlak dan meluruskan tauhid serta akidah kepada manusia.

“Dakwah Rasulullah yang pertama adalah meluruskan tauhid dan menyempurnakan akhlak,” ujar Mubarrak

Berbicara mengenai akhlak, terang Mubaraq, berbeda halnya dengan kebanyakan manusia, Rasulullah sebelum menyuruh seseorang berakhlak baik, terlebih dahulu ia yang memberikan contoh yang baik. Oleh karena itu sudah sepatutnya Nabi Muhammad SAW dijadikan tauladan bagi seluruh ummatnya.

Lebih lanjut, Mubaraq mengatakan dakwah Rasulullah merupakan suatu sikap menyampaikan tentang kebenaran ajaran Islam beserta aturan-aturan didalamnya. Pemahaman tentang Islam tidak boleh keluar dari kaidah-kaidah pedoman Islam itu sendiri yakni Qur’an dan Hadist.

“Islam yang benar itu adalah berpedoman kepada dua hal yakni Al-qur’an dan Hadist,” tegasnya.

“Dalam Islam, dakwah sebenarnya tidak disampaikan dengan cara-cara yang radikal, keras dan memaksa. Islam agama yang cinta pada kedamaian,” tambahnya. (sec)

SHARE

NO COMMENTS