SHARE

Karimun, Isukepri.com – Sartoni, seorang penjual berbagai macam bibit bunga di Kabupaten Karimun memiliki omset ratusan juta perbulan. Tidak hanya di Karimun, penjualan bibit bunga ini juga sampai ke berbagai daerah di Kepualuan Riau, bahkan ke Malaysia.

“Untuk penjualan bibit bungan ini sendiri memang tidak hanya di Kabupaten Karimun saja melainkan di berbagai daerah di Kepualuan Riau, bahkan ada juga yang mesan dari Serawak Malaysia,” aku Sartoni.

Diceritakannya, awal mulanya, usaha yang dirintis Sartoni beberapa tahun yang lalu tersebut sempat terhenti karena faktor biaya operasional karyawan yang tidak mencukupi. Namun Sartoni kembali bangkit untuk memulai usahanya, akhirnya usaha yang berada di Jalan Poros Tanjung Balai Karimun ini mendapatkan hasil yang memusakan.

“Beberapa tahun yang lalu memang pernah berhenti, karena pengaruh faktor biaya operasional untuk karyawan, namun seiring waktu saya kembali bangkit, dan akhirnya mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkapnya sembari mengenang masa itu.

Sartoni juga menambahkan untuk pembibitan bungan sendiri di kebun yang di kelolanya, sangat beragam, seperti bungan kamboja, bunga anggrek, bunga ros, bunga bonsai, bunga untuk pagar dan masih banyak lagi yang lain.

Untuk harga sendiri Sartoni mengaku sangat bervariasi tergantung minat konsumen, mulai dari Rp 10 ribu hingga jutaan rupiah. Untuk perawatan Sartoni mengaku, memang sangat butuh kerja keras, sebab tanah yang subur sangat susah didapatkan di Tanjung Balai Karimun, apalagi bibit bunga yang dijualnya harus mendapatkan perawatan yang cukup serius.

“Bermacam bibit yang saya jual, untuk pembibitan sendiri memang diproses di sini, namun ada juga yang saya datangkan dari pulau Jawa, Bali, dan ada juga yang dari Jakarta. Untuk perawatan sendiri memang harus lebih pokus karena sangat jarang sekali tanah yang bagus bisa didapatkan di Karimun ini, saya datangkan dari Jawa, untuk harga sendiri sangat bervariasi, mulai dari Rp7 ribu, hingga jutaan rupiah, tergantung minat konsumen,” aku Sartoni.

Selain bibit bunga Sartoni juga menyediakan berbagai pot bunga, yang sangat cocok ciletakkan di halaman rumah, kantor, hotel, bahkan di instansi pemerintahan dan swasta dengan model-model yang sangat unik dan menarik, harga yang ditawarkan mulai dari Rp50 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung minat dan model yang disukai para konsumen.

“Selain berbagai macam bibit bunga, kami juga menyediakan berbagai pot bunga dengan berbagai ukuran dan berbagai model, harga yang kami tawarkan sangat bervariasi tergantung permintaan konsumen, selain itu juga kami menyediakan layanan untuk pembuatan taman, di berbagai instansi pemerintahan maupun swasta, harga terjangkau, kualitas terjamin, bisa nego pokoknya,” pungkas Sartoni.

SHARE

NO COMMENTS