Hang Nadim Batam Sudah Miliki SOP Penanganan Krisis

Batam, IsuKepri.com – Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam Suwarso memastikan sudah memiliki protokol atau standar operasi prosedur (SOP) penanganan krisis bila terjadi sesuatu di bandara internasional ini.

SOP penanganan krisis itu sudah disiapkan sejak beberapa tahun terakhir dan juga selalu dievaluasi setiap pergantian Kepala Bandara. Dengan kata lain, evaluasi dan penanganan sudah matang bila menghadapi insiden seperti kebakaran, delay hingga teroris.

Hang Nadim sudah punya SOP krisis sejak beberapa tahun terakhir dan selalu dievaluasi setiap ganti pimpinan, ujar Suwarso, kemarin.

Protokol krisis di Hang Nadim terakhir kali diaktifkan tatkala insiden kebakaran pesawat latih terbang dari sekolah Flybest pada Februari 2015 lalu.
Saat itu, petugas dalam waktu singkat mengikuti protokol dan harus aktif yang meliputi pembatasan siapa saja yang boleh ke apron, menutup akses bandara dan membuka bandara, menyusun laporan hingga menentukan lokasi bangkai pesawat.

Sedangkan untuk audit ruang komersial, otoritas menegaskan selalu mengaudit dan mengecek pengamanan setiap enam bulan. Jika ada pengamanan yang kadaluarsa, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran atau PKPPK Hang Nadim selalu melaporkan audit itu kepada otoritas.

Untuk simulasi krisis selalu dilakukan. Program kami terakhir tahun lalu, tapi tahun depan juga ada dan SDM kami cukup dan siap untuk menghadapi krisis, sebut dia.(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Jelang Mudik, Hang Nadim Batam Siapkan Klinik

Read Next

Snack Kita Stik Bawang