Ustad Solmed Meriahkan Nuzurul Qur\’an di Batam

Batam, IsuKepri.com – Peringatan malam turunnya Al-Qur’an, atau nuzulul Qur’an, di Masjid Agung Batam, Jumat (3/7) malam, berlangsung meriah. Dengan menghadirkan ustad Soleh Mahmoed (Solmed) dan nasyid bersuara merdu wafiq Azizah, nampaknya menjadi salah satu faktor kemeriahan tersebut.

Dengan tausyiah yang bertemakan Nuzurul Qur’an, ustad Solmed berhasil menarik perhatian para jamaah Kota Batam.

Bukan hanya keberhasilan tausiah ustad Solmed saja yang menjadi pusat perhatian masyarakat Kota Batam, lantunan syair lagu religi oleh Wafiq Azizah juga terlihat mampu menghipnotis jamaah untuk tidak beranjak meninggalkan lokasi acara.

Acara berlangsung di halaman Masjid Agung Batam tersebut, merupakan persembahan nuzurul Qur’an oleh Pemerintah Kota Batam.

Sekilas Tentang Nuzurul Qur”‘an

Peristiwa Nuzul Al-Qur’an merupakan peristiwa turunnya ayat Al-Qur’an yang pertama kepada Nabi Muhammad s.a.w. hingga seterusnya berperingkat-peringkat menjadi lengkap sebagaimana kitab al-Qur’an yang ada pada hari ini.

Sebagian muslim, memperingati waktu terjadinya peristiwa tersebut secara khusus.

Di Indonesia setiap tanggal 17 Ramadhan, biasanya dilakukan ceramah atau pengajian khusus bertemakan Nuzulul Qur”‘an.

Dari 10 hari terakhir pada bulan ramadhan turunnya lailatul qadar maka tentunya turunnya Al quran terjadi pada 10 malam terakhir pada bulan ramadhan dan diikuti pada bulan2 selanjutnya. Dan menurut menurut musnad Imam Ahmad, turunnya Al-Qur”‘an pada tanggal 24 Ramadhan, namun masih ada perbedaan pendapat antara ulama. Beralih dari perbedaan tersebut, yang paling masyhur adalah tanggal 17 Ramadhan.(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Batam Raih Penghargaan Kota Terbaik Dunia

Read Next

Nasabah BRI Dabo Singkep Keluhkan ATM Tak Berfungsi