FPP Kepri Ajak Masyarakat Rajut Kebersamaan Umat

Lingga, Isukepri.com – Dalam mementum perayaan Idul Fitri 1436 Hijriyah, Forum Pemberdayaan Pesantren (FPP) Kepulauan Riau menggelar halal bihalal bersama ratusan pelajar se-Dabo Singkep di SMA Negeri 2 Dabo Singkep, Senin (3/8).

Kegiatan yang digagas bersama Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Lingga ini, juga diisi dengan seminar keagamaan dengan tema Idul Fitri, Momentum Rekonsiliasi Merajut Kebersamaan Umat.

Hadir sebagai narasumber beberapa unsur FKPD Kabupaten Lingga diantaranya Polres Lingga, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lingga, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lingga, Kementerian Agama Kabupaten Lingga, dan perwakilan remaja Masjid Azulfa Dabo Singkep.

Karyano, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa Idul Fitri adalah momentum yang sangat tepat dan penting untuk melakukan rekonsiliasi bersama untuk kepentingan masyarakat banyak dengan mulai menjadi manusia yang terbaik bagi masyarakat, agama, bangsa dan negara.

“Kembali ke fitrah, atau kembali suci adalah sebuah keadaan dimana kita memulai sesuatu yang baru untuk menjadi insan yang terbaik,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakanya, untuk kepentinganan nasional maka momentum Idul Fitri sangat tepat untuk kembali kepada fitrah pendirian bangsa Indonesia, dengan menghilangkan segala sekat-sekat yang ada. Terlebih akhir-akhir ini, wajah Indonesia tercoreng oleh konflik umat beragama yang terjadi di Kabupaten Tolikara, Papua.

Oleh karena itu, menurutnya untuk meredam dan menenangkan sekaligus mengantisipasi meluasnya konflik tersebut sangat diperlukan harmonisasi dan kerukunan antar umat beragama. Tidak hanya di wilayah konflik, tetapi juga wilayah-wilayah lain.

“Konflik di Torikara diharapkan mampu diredam, oleh semua elemen masyarakat. Semua pemangku kebijakan, perlu ikut andil dalam upaya untuk menenangkan konflik tersebut,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, turut hadir pula Camat Singkep, Kisan Jaya dan puluhan mahasiswa UMRAH Tanjungpinang yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Redaksi

Read Previous

Tak Kunjung Pulang , Bocah SD Dilaporkan Hilang

Read Next

Petugas Kebersihan Gedung Daerah Dabo Singkep Digigit Ular