Pemkab Bintan dan Pelaku Koperasi UKM Peringati HUT Koperasi Ke-68

Bintan, Isukepri.com – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan bersama pelaku usaha Koperasi, UKM dan IKM memperingati hari ulang tahun (HUT) Koperasi Indonesia  ke-68 tahun 2015 Tingkat Kabupaten Bintan di Aula Kantor Bupati Bintan – Bintan Buyu, Jum”‘at (7/8).

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Edy Pribadi dalam sambutannya mengatakan peringatan hari koperasi ke 68 ini merupakan momentum untuk memperkuat dan memperkokoh semangat gerakan berkoperasi sehingga secara bersama-sama kita mampu unyuk menghadapi persaingan di era globalisasi ini.

“Kita hidupkan kembali semangat dan gairah untuk mrngembangkan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional yang berbasis ekonomi kerakyatan,” tuturnya.

Dikatakan Edi, perkoperasian di Kabupaten Bintan semakin menunjukkan peningkatan yang baik sehingga pada peringatan HUT Koperasi Tingkat Nasional di Kupang beberapa waktu yang lalu, 2 Koperasi binaan Pemerintah Kabupaten Bintan memperoleh penghargaan sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional.

Pada tahun ini pula, tambahnya, Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Bina Koperasi telah menganggarkan dana sebesar Rp. 50 juta sebagai hadiah pembinaan kepada koperasi berprestasi di Kabupaten Bintan.

“Selama 4 sampai 5 tahun belakangan ini memang ada peningkatan yang cukup signifikan dari segi alokasi anggaran oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan Koperasi, UKM dan IKM di Kabupaten Bintan ini,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan, Khazalik yang pada kesempatan itu turut hadir menyampaikan bahwa perkembangan Koperasi, UKM dan IKM di Kabupaten Bintan tentunya tidak terlepas dari jasa para tokoh Koperasi, UKM dan IKM di Kabupaten Bintan. Sehingga hal ini tentunya perlu di apresiasi oleh pemerintah daerah guna menumbuh kembangkan perkoperasian dan usaha kecil menengah di tengah-tengah masa ekonomi global.

“Pemerintah Kabupaten Bintan harus terus menerus memajukan Koperasi, UKM dan IKM di Kabupaten Bintan,” ujar Khazalik dalam sambutannya.

Hal ini dikatakan Khazalik mengigat bila menelisik pada krisis ekonomi pada 1998 lalu dimana banyak pengusaha dan konglomerat yang mengalami kebangkrutan dan koperasi adalah satu-satunya basis ekonomi yang mampu bertahan dalam himpitan ekonomi saat itu.

Ke depan, Khazalik berharap dalam rangka memajukan usaha Kecil Koperasi dan Usaha-usaha Kecil Menengah lainnya dalam menghadapi dinamika ekonomi yang semakin terbuka maka sangat diperlukan pendampingan agar pengelolaan dan manajemen perkoperasian dapat berjalan dengan baik.

“Program pendampingan bagi usaha Koperasi, UKM dan IKM di Kabupaten Bintan di masa-masa mendatang haruslah kita perkuat,” tegasnya.

Ditambahkannya, bahwa pemerintah daerah dari waktu ke waktu terus melakukan pembangunan di segala sektor. Berbagai infrastruktur telah di bangun, investasi modal semakin berkembang sehingga ekomomi daerah semakin maju dengan pesatnya.

Tentunya hal ini, menurut Khazalik, merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku-pelaku Koperasi dan UKM di Kabupaten Bintan untuk mengembangkan usahanya.

“Seyogyanya kita semua dapat mengambil peluang dan manfaat pertumbuhan ekonomu yang ada di Kabupaten Bintan,” ajaknya.

Sempena masih dalam suasana Syawal 1436 Hijriyah, peringatan HUT Koperasi Ke-68 ini pula diisi dengan halal bihalal antara pelaku ekomoni Koperasi dan UKM dengan Pemerintah Kabupaten Bintan.

Turut hadir pula para  Pejabat, Asisten dan Staff Ahli, Staff Khusus, Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan, Jajaran Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kbupaten Bintan, Tokoh masyarakat dan pelaku Koperasi, UKM dan IKM Kabupaten Bintan. (Ril/red)

Redaksi

Read Previous

Warnet Semakin Resahkan Orang Tua Siswa

Read Next

BPS Catatkan Batam Alami Inflasi di Juli 2015