SHARE

Bintan, Isukerpi.com – Pemerintah Kabupaten Bintan akan memfokuskan pembangunan pulau-pulau terpencil wilayah pesisir seperti Kecamatan Kelong dan Mantang. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan, Drs Ismail sebagai upaya pemerintah daerah melaksanakan pembangunan secara merata.

“Dengan begitu, pembangunan akan merata baik di desa maupun dikota. Selain itu, berdasarkan data yang kita terima dari pihak kecamatan, terdapat banyak rumah masyarakat yang harus segera di perbaiki,” ujar Ismail, Selasa (11/8).

Pernyataan Ismail ini, dibenarkan oleh Camat Mantang, Nafriyon yang mengatakan untuk periode tahun 2015 ini Kecamatan Mantang mendapat jatah 94 unit pembangunan berupa bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

“Nantinya dari total RTLH tersebut akan difokuskan untuk pulau terpencil diantaranya Desa Dendun, Selat Limau, Pulau Telang, dan Desa Mantang Kecil,” jelasnya saat ditemui di Kijang, Selasa (11/7).

Nafriyon menambahkan, untuk tahun 2015 ini, Kecamatan Mantang mendapatkan jatah pembangunan RTLH lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 24 unit. Meningkatnya jatah Kecamatan Mantang dari Pemkab Bintan ini sesuai data yang telah diajukan pihaknya ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bintan.

Dari empat desa yang ada di kecamatan ini, lanjutnya, dari hasil pendataannya bersama tim verifikasi wilayah tersebut terdapat banyak rumah yang perlu diperbaiki, khususnya pemukiman nelayan berupa rumah panggung di atas laut. Sehingga dengan adanya RTLH, pemukiman nelayan tersebut bisa tertata lebih rapi lagi.

“Sebenarnya banyak lagi rumah yang harus diperbaiki, namun kami akan mendahulukan yang benar-benar urgent,” pungkasnya. (Zai)

SHARE

NO COMMENTS