SHARE

Batam, IsuKepri.com – Pramuka di masa kini haruslah dikemas dengan menarik supaya lebih banyak pemuda yang aktif di dalam gerakannya. Hal ini disampaikan Walikota Batam, Ahmad Dahlan, usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pramuka ke-54 tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Selasa (18/8).
“Di pidato Pak Menteri ada semacam kekhawatiran Pramuka tidak populer di kalangan remaja. Karena itu Pramuka harus dikemas dengan baik yang sesuai dengan anak muda. Pramuka harus keren, Pramuka harus asik. Saya setuju dengan itu,” ujarnya.

Tapi, sambung Dahlan, jangan sampai untuk mengikuti selera anak muda, membuat kita terlarut. Sehingga meninggallkan nilai-nilai patriotisme, nilai juang, dan kebangsaan.

“Yang paling utama itu dulu, nilai patriotisme, dan kebangsaan. Kemasannya silakan dibuat menarik,” pesan Dahlan.

Ia menilai kegiatan Pramuka di Kota Batam sudah berjalan cukup baik. Karena semua sekolah termasuk swasta diwajibkan melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler Pramuka.

Pramuka di mata Dahlan merupakan sarana untuk melengkapi pembinaan terhadap generasi muda melalui pendidikan di luar sekolah. Oleh karena itu Pemerintah sangat mendukung kegiatan tersebut.

“Pemerintah mendukung, kita anggarkan. Selain itu di Batam ketuanya adalah Wakil Walikota, meski tidak otomatis ex-officio. Tujuannya supaya lebih gampang komunikasi dengan pemerintah,” kata Dahlan.‎(SUTIADI MARTONO)‎

SHARE

NO COMMENTS