SHARE

Tanjungpinang, Isukepri.com – Lobster merupakan salah satu olahan hasil laut yang mempunyai citarasa tinggi. Meskipun untuk satu porsi menu masakan lobster dapat dihargai hingga ratusan ribu rupiah, akan tetapi hal itu tidak menurunkan minat dari para konsumen untuk membeli dan menikmati sajian yang tergolong sangat mewah tersebut. Namun, pada kenyataannya pasokan lobster ternyata masih dirasa kurang jika dibandingkan dengan tingkat permintaan pasar yang semakin banyak dari restoran seafood.

Oleh sebab itu, budidaya lobster dapat dijadikan sebagai salah satu peluang yang menjanjikan keuntungan besar bagi Anda yang ingin terjun ke dunia wirausaha. Sekarang ini budidaya lobster dapat dilakukan di sekitaran rumah seperti kolam, bak dan aquarium dengan menggunakan air tawar. Inilah yang dilakukan Zulkarnain mengembangkan usaha budidaya lobster di aquarium dirumahnya. Dengan tidak menggunakan lahan yang luas, Zulkarnain berhasil mengembangkan usahanya hingga saat ini tak kurang dari 700an ekor lobster berhasil Ia budidayakan. Meskipun hanya sebagai usaha sampingan, ayah satu anak ini bisa meraup keuntungan hingga jutaan rupiah setiap pekannya.

Konsumen

Lobster air tawar selain dapat dipasarkan sebagai udang konsumsi juga dapat dijadikan sebagai hiasan aquarium yang unik. Hidangan atau menu kuliner lobster ini memiliki banyak penggemar karena dagingnya yang banyak, kenyal dan lezat menjadi keistimewaan tersendiri di lidah konsumen.

Selain itu lobster memiliki kandungan kolesterol yang rendah sehingga cocok dikonsumsi oleh semua orang yang menyukai kuliner seafood. Lobster juga terhitung masih sangat langka, padahal peminatnya sudah semakin meningkat. Karena alasan itulah, tidak heran jika lobster banyak dibudidayakan masyarakat, khususnya Indonesia. Pelanggan utama untuk lobster adalah restoran-restoran besar yang menyajikan menu kuliner seafood, hotel berbintang dan lain sebagainya.

Saat ini, usaha budidaya lobster Zulkarnain yang terletak di KM.13 arah Kijang tersebut setiap harinya tidak kurang dari 15 konsumen tetap yang membeli secara rutin termasuk pengusaha perhotelan dan restoran seafood sekitar Tanjungpinang dan Bintan.

SHARE

NO COMMENTS