Jelang MEA, Dahlan : Kualitas Pekerja Harus Ditingkatkan

Batam, IsuKepri.com – Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, kualitas pekerja harus terus ditingkatkan. Salah satunya, pelatihan yang diberikan  kepada pekerja dengan mendapatkan sertifikat kompetensi yang tidak hanya dapat digunakan di dalam negeri.

Sertifikat kompetensi ini sangat baik. Karena menjadi tanda bahwa pekerja kita handal,jelas Dahlan, Kamis (17/9). 

Dirinya mengakui, pekerja di Batam sebenarnya handal dan memiliki kemampuan yang baik. Namun sering terkendala dengan sertifikat yang dimiliki meski skill mereka ada. 

 Kalau punya sertifikat, tidak hanya bisa kerja di Batam, tapi juga mengekspor tenaga kerja bersertifikat ke negara lain, kata dia. 

 Terkait pelatihan yang ada, jelas Dahlan, Sertifikasi dan Pelatihan itu tentu saja harus berimbang dan sejauh ini, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) terus melakukan pelatihan.

 Disiplinnya sudah mulai terbangun, transfer knowledge juga sudah mulai bagus begitu juga dengan bahasa Inggris, kata dia.

 Sementara soal serbuan tenaga kerja asing, Dahlan tidak terlalu menghawatirkan karena menurut dia, Indonesia belum tentu mampu menyediakan lapangan kerja yang banyak. 

Bahkan, menurut dia, beberapa rumah sakit luar negeri gencar melakukan promosi di Batam, begitu juga Universitas. 

Saya tidak terlalu khawatir, saya rasa tidak akan terjadi secara signifikan pekerja asing yang berbondong, tutupnya.(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Honorer K2 Akan Diangkat PNS ?

Read Next

Tiga Pegawai Pelabuhan Terima Penghargaan