SHARE

Batam, IsuKepri.com – ‎Camat dan Satuan Polisi Pamong Praja dari seluruh daerah di Indonesia yang melaksanakan Pilkada serentak akan berkumpul di Batam, 17-19 September 2015.

Para camat dan Satpol PP ini akan mengikuti apel kesiapan Pilkada Serentak di Dataran Engku Putri Batam Centre.

“Yang bertindak sebagai inspektur upacaranya nanti adalah Menteri Dalam Negeri. Dengan komandan apel Kasatpol PP Provinsi,” kata Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, Agung Mulyana dalam rapat persiapan di Kantor Walikota Batam, Selasa (8/9).

Usai apel, para camat akan mengikuti pertemuan di Hotel Harmoni One terkait persiapan Pilkada serentak ini. Narasumber yang akan menyampaikan materi adalah Mendagri, Ketua KPU Pusat, dan Ketua Bawaslu.

“Kenapa camat? Karena kecamatan adalah sentra kritis dalam pelaksanaan Pilkada. Bisa jadi ada yang sudah elektronis, tapi masih banyak juga yang manual,” ujarnya.

Pada rapat persiapan ini, Kapolda Kepri Brigjen Pol Arman Depari mengatakan pihak kepolisian menjalankan Operasi Mantap Praja untuk pengamanan Pilkada Serentak 9 Desember mendatang.

“Untuk Kepulauan Riau namanya ditambah menjadi Operasi Mantap Praja Seligi 2015. Dan sudah dimulai sejak penetapan calon. Jadi sekarang juga sudah berjalan,” papar Arman.

Kepolisian juga sudah menyiapkan pola pengamanan hingga tingkat TPS (tempat pemungutan suara). 

Kategorinya dibagi menjadi tiga yakni aman, rawan 1, dan rawan 2. Jumlah personel pengamanan tiap kategori berbeda.

“Nanti pengamanannya juga dibagi berdasarkan rayon, untuk memudahkan manuver pasukan,” katanya.(SUTIADI MARTONO)‎

SHARE

NO COMMENTS