SHARE

‎Batam, IsuKepri.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo hari ini melakukan kunjungan kerja ke kota batam. Mendagri menghadiri dan memimpin apel yang dihadiri oleh perwakilan camat yang pada tahun ini akan menggelar pilkada serentak. 

“Pilkada serentak akan diselenggarakan di 269 daerah dan masih ada 3 daerah yang mempunyai satu calon dan masih menunggu hasil keputusan dari Mahkamah Konstitusi, dalam pilkada serentak ini, Camat harus netral. Karena saya sudah pengalaman, 6 periode di DPR perputaran suara sedikit banyaknya terjadi di Kecamatan. Mengurangi atau menambah angka nol, atau menambah dan juga mengurangi satu digit dibelakangnya itu bisa terjadi di Kecamatan,” ujar Tjahjo Kumolo, Jum’at (18/9). 

Karena itu menurutnya, penguatan pengamanan pilkada yang dilakukan disetiap Kecamatan. “Rawan saya lihat disini (pilkada serentak),” ucapnya. 

Masih Tjahjo, jika terjadi kekacauan dan kerusuhan di wilayah yang menggelar pilkada serentak ini, maka sebagian wilayah Indonesia akan kacau. 

“269 ini, jika terjadi kerusuhan maka separoh wilayah Indonesia ini akan kacau,” katanya. 

Maka dari itu, dirinya menegaskan, seluruh instansi yang berkaitan langsung dengan jalannya pilkada tahun ini, saling melakukan koordinasi. “Koordinasi yang baik diperlukan,” tutupnya. ‎(SUTIADI MARTONO)  

SHARE

NO COMMENTS