Dua Sektor Ini Bisa Menjadi Andalan di Batam

Batam, IsuKepri.com – ‎Sektor kepelabuhanan dan pariwisata memiliki potensi besar dalam mendulang pendapatan Batam. Keduanya perlu digarap maksimal, agar dapat menjadi andalan daerah.

Walikota Batam Ahmad Dahlan mengakui industi di Batam saat ini melemah. Apalagi kondisi rupiah yang terus tertekan terhadap dolar. Ini berdampak pada perusahaan shipyard dan ditambah adanya kebijakan larangan ekspor barang mentah.

Batam tidak boleh lagi terus menerus mengandalkan shipyard. Kedepan kepelabuhanan dan tourism harus digenjot. Status FTZ (Free Trade Zone) harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,kata Dahlan, Jumat (2/10).

Seperti dikatahui, Batam awalnya memang dikembangkan pada empat sektor, mulai dari industri, pariwisata, jasa dan alih kapal. Namun kata Dahlan, dengan status yang dimiliki, letak geografis dan kedepannya, maka kepelabuhanan dan pariwisata sangat baik.

Terobosan perlu dilakukan, paling real pariwisata. Kalau turis asing datang dua juta pertahun rata-ratanya saja, luar biasa,katanya.

Oleh karena itu, bila Batam tidak berkembang dengan pesat maka akan rugi. Membangun Batam harus dengan kerja bersama. Tidak boleh hanya diserahkan kepada BP Batam, pemerintah Kota Batam namun semua, termasuk didalamnya perbankan.‎(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Pemkab Tuban Kunjungi Pemko Batam

Read Next

APBDP Batam Rp 2,37 Triliun