Kabut Asap, Penderita ISPA di Batam Meningkat

Batam, IsuKepri.com – Dinas Kes‎ehatan(Dinkes) Kota Batam mencatat, adanya peningkatan jumlah penderita Infeksi Saluran Pernafasan atas(ISPA) pada beberapa waktu ini. Hal tersebut, diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Candra Rizal.

‎”Jumlah kasus ISPA pada bulan ‎September 2015 ada sebanyak 5.337‎, begitu ada asap meningkat memang,” ujar Candra di Batam Centre, Kamis (1/10).

Jika dibandingkan dengan data penderita ISPA pada bulan – bulan sebelumnya, memang terlihat begitu drastis bertambah seiring datangnya kabut asap.

” Untuk Juli 3000an‎, Agustus sudah 5.000an juga,” katanya.

Lanjut Candra, dengan naiknya penderita ISPA di Kota Batam, maka diharapkan masyarakat Kota Batam bisa lebih memperhatikan kesehatannya.

“Saran kita yang punya penyakit asma dan paru – paru, harus hati-hati dan memperhatikan kesehatannya,” ucapnya.

Selain itu, dirinya menyarankan, masyarakat Kota Batam tidak melakukan pembakaran sampah dan sejenisnya dikarenakan hal tersebut akan menambah buruknya kualitas udara disekitar tempat tinggal.

“Dan, coba untuk menambah pepohonan di pekarangan rumah hal tersebut sedikit banyaknya bisa berpengaruh pada kuliatas udara di rumah anda. Selain itu, gunakan masker jika anda hendak keluar rumah‎, bila perlu kurangi aktifitas diluar ruangan‎. Terakhir, upayakan banyak minum air putih,” tutupnya.(SUTIADI MARTONO)‎

Sutiadi Martono

Read Previous

Dampak Asap di Batam, Anak TK Diliburkan

Read Next

45 IKM Terima Bantuan Kementrian Perindustrian