SHARE

Jakarta, IsuKepri.com – Maraknya kasus kejahatan seksual terhadap anak belakangan ini membuat khawatir para orang tua. Untuk itulah masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dengan mengenali ciri-ciri pelaku pedofil.

“Biasanya pelaku pedofil menunjukkan kecintaannya pada anak-anak yang begitu besar. Mereka lebih punya banyak teman anak-anak dibanding teman sebayanya,” ujar dr Suzy pada temu media di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Selain itu, pelaku pedofil biasanya juga gemar mengoleksi foto anak-anak maupun mengoleksi gambar pornografi anak-anak. Yang terpenting, pelaku biasanya berasal dari lingkungan terdekat korban, baik itu keluarga, sekolah, maupun lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

“Intinya pelaku kemungkinan besar mengenal korban, 30 persen biasanya dari keluarga, 60 persen dari lingkungan bermain dan sisanya 10 persen orang asing,” imbuhnya.

Ia pun mengimbau agar orangtua membangun komunikasi yang baik dengan anak dan mengajarkannya bagaimana menjaga diri dari niat buruk orang lain. Jangan lupa juga untuk membelaki pendidikan seks sejak dini.

“Kalau menemukan orang yang begitu perhatian pada anak dan mau memenuhi semua permintaannya harus diwaspasdai. Orangtua harus dekat dengan anak, ciptakan waktu berkualitas agar dia menceritakan apapun yang dialami seharian,” tambah Suzy.

Pedofil merupakan gangguan perilaku pada seseorang yang membuatnya terangsang ketika melihat anak-anak. Gangguan ini memang terkait dengan adanya kelainan pada otak.

“Pada pelaku pedofil, memang ada masalah di bagian frontal dan temporal otak. Di bagian tersebut glukosanya sedikit sehingga memicu gangguan perilaku pada pelaku,” tutupnya.

(Sumber : Suara)

SHARE

NO COMMENTS