SHARE

IsuKepri.com – Pertahanan negara didaerah perbatasan perlu ditingkatkan. Hal ini disampaikan oleh Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Anambas saat menjadi narasumber kegiatan wawasan kebangsaan yang digagas oleh Komunitas Merah Putih (KMP) Kepulauan Riau, Kamis (29/10).

“Setiap warga negara wajib berperan aktif dalam menjaga wilayah negara kesatuan republik Indonesia,” kata Sapar.

Untuk mempertahankan kedaulatan NKRI tanpa adanya kerjasama antara kelompok bangsa merupakan sebuah hal yang mustahil untuk dilakukan dengan baik. Demikian halnya juga ketika seluruh elemen bangsa hanya mampu untuk berdiam tanpa ada sebuah tindakan nyata maka akan semakin banyak bagian dari bangsa ini yang hilang.

“Menjaga perbatasan bukan perkara yang mudah, perlu adanya kesiapan infrastruktur dan sumber daya manusia,” katanya.

Sapar mengatakan bahwa hal yang sangat dikhawatirkan oleh pendiri bangsa Indonesia untuk masa depan bangsa adalah musnah secara ideologi atau musnah secara harga diri sehingga tidak mampu bersaing dengan Negara-negara lain.

“Contohnya Indonesia pernah dilemahkan melalui kejahatan dunia maya seperti penyadapan yang kerap dilakukan. Hal ini adalah pelemahan model baru yang perlu disikapi,” katanya.

Kegiatan yang dihadiri ratusan peserta tersebut menghadirkan narasumber dari unsur Lanal Tarempa dan Kesbangpol Anambas.

SHARE

NO COMMENTS