Disperindagkop dan UKM Karimun Kembangkan IKM berbasis Kemaritiman

Karimun, Isukepri.com – Kabupaten Karimun merupakan salah satu dari 7 Kabupaten Kota yang berdemografis kepulauan. Hal inilah yang digarap oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau untuk untuk memanfaatkan peluang bagi pengembangan Industri kecil Menengah (IKM) berbasis kemaritiman.

“Sebagai salah satu kepulauan, Karimun kaya akan hasil laut yang berpotensial menjadi produk kreatif bagi pelaku IKM di Karimun. Inilah yang ingin kita dorong agar tumbuh dan berkembang menjadi sumber pendapatan dan produk olahan kreatif dari IKM,” ujar Muhammad Hasbi Kepala Disperindagkop dan UKM Karimun (13/11)

Muhammad Hasbi menambahkan bahwasanya hasil laut dapat diolah menjadi produk kreatif apa saja, baik kuliner, kerajinan tangan maupun menjadi bahan baku untuk industri besar.
“Kalau daging ikan sudah jelas dapat dijadikan kuliner baik makanan berat maupun makanan ringan. Sedangkan tulang ikan maupun limbah dari ikan lainnya bisa dijadikan kerajinan tangan jika disentuh oleh tangan dingin yang kreatif,” tambahnya

Salah satu langkah untuk mengembangkan IKM berbasis kemaritiman di Karimun dengan memberikan pelatihan kepada 30 pelaku IKM dari lima kecamatan yang ada di sekitaran Karimun. Bukan hanya sebatas pelatihan, namun para pelaku IKM juga diberikan modal tambahan untuk mengembangkan usahanya.

“Hal ini kami lakukan dalam rangka mendongkrak semangat pelaku IKM untuk berkompetisi dan menghasilkan produk yang diterima masyarakat. Sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap kemajuan dari Kabupaten Karimun itu sendiri melalui penyediaan lapangan pekerjaan,” tambahnya

Diharapkan dengan kepedulian yang diberikan oleh Disperindagkop dan UKM Karimun kepada pelaku IKM mampu memberikan spirit dan ruh kemajuan bagi diri pribadi, masyarakat secara umum maupun kepada daerah Karimun itu sendiri.

Admin Isu Kepri

Read Previous

Otak- Otak Warisan Sang Ayah, Kini Usaha Rudianto Beromset 100 Juta

Read Next

Kerupuk Atom, Icon Pulau Moro