SHARE

Batam, IsuKepri.com – Pemerintah Kota Batam tahun depan akan mulai memasang  Close Circuit Television (CCTV) dilokasi-lokasi prioritas. Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan angka kriminalitas di Batam. 

Kepala Badan Komunikasi dan Informatika Kota Batam Salim mengatakan, saat ini rencana itu masih dalam persiapan termasuk penentuan lokasi prioritas. Karena itu, penentuan ini juga melibatkan beberapa pihak untuk memberikan masukan.

“Kita masih persiapan.Titiknya, kita minta masukan, seperti DPRD kan sudah kemudian masukan dari pihak kepolisian. Berapa jumlahnya, maka tergantung nanti. Saat ini kita baru menyusun,”jelas Salim, belum lama ini. 

CCTV yang akan dipasang juga melalui kajian. Artinya, jenis spesifikasi dibutuhkan dititik tertentu apakah bersifat fix atau dome.

“Tergantung spek, ada fix ada dome. Kita mendudukkan dulu, titik ini, fik atau dome. Kalau mau banyakkan fix. kalau dome 360 tapi mungkin jangkauannya kurang,”tambahnya, Ia menjelaskan, dalam Perda tentang CCTV sudah ada penetapan zona. 

Namun dalam pemasangan nanti, tergantung wilayah prioritas yang dilakukan secara bertahap. Dari masukan pihak keamanan, lokasi – lokasi yang diusulkan yaitu wilayah Sungai harapan Sekupang hingga wilayah Batuaji, sekitaran Bukit Harimau dan wilayah Sungai Ladi. 

Untuk persimpangan jalan, akan ada di Dinas Perhubungan. Bila sudah ada, maka tidak akan dipasang lagi namun bisa saja masih dalam jalur yang sama. 

Selain jalan, lokasi seperti ruangan publik juga menjadi perhatian. Seperti lapangan engku putri dan lain sebagainya.

“Nanti ini akan dipantau secara bersama yang tergabung dalam Badan Koordinasi Pengamanan Kota Batam. Anggotanya Pemko Batam, kepolisian, kejaksaan, TNI. Isinya dari unsur Muspida,” tutupnya.(SM)‎

SHARE

NO COMMENTS