Gita Indrawan : Pendidikan Agama Harus Diutamakan

Batam, IsuKepri.com – Wakil Rektor Universitas Putera Batam, Dr. Gita Indrawan, ST,MM mengatakan bahwa pendidikan agama sangat penting. Pendidikan agama sebagai pondasi membentuk karakter dan akhlah generasi muda. Bahkan menurutnya pendidikan agama harus diposisikan diatas pendidikan formal lainnya.

Pendidikan agama harus diutamakan. Seharusnya diposisikan di atas pendidikan formal karena pendidikan agama mampu merubah akhlak, jelas Gita saat memberikan materi pada Talk Show Sempena Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula Unrika – Batam, Sabtu (26/12).

Hal ini dikatakan Gita mengingat saat ini fenomena yang terjadi dikalangan generasi muda sangat memprihatinkan. Berdasarkan data dari beberapa sumber, sebutnya, permasalahan moral yang tidak sesuai dengan etika dan budaya ketimuran di Indonesia terjadi diusia remaja.

50-60% pengguna narkoba pelajar dan mahasiswa. 40% remaja Indonesia pernah melakukan hubungan seksual diluar pernikahan. 45,49% penderita HIV AIDS berusia 20-29 tahun, terangnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut sangat diperlukan penguatan pendidikan agama yang dimulai dari keluarga dan dunia pendidikan. Kualitas pendidikan tidak bisa dilihat dari hasil (output) saja tapi juga harus diukur saat dimulai dari input dan proses sehingga menghasilkan output.

Pemaparan dari salah satu narasumber, Dr. Mohamad Gita Indrawan, ST., MM, Pembantu Rektor III Universitas Putra Batam sekaligus Wakil Ketua Asosiasi PTS Indonesia Provinsi Kepri.
Pemaparan dari salah satu narasumber, Dr. Mohamad Gita Indrawan, ST., MM, Pembantu Rektor III Universitas Putra Batam sekaligus Wakil Ketua Asosiasi PTS Indonesia Provinsi Kepri.

Makin tinggi pendidikan hendaknya diiringi dengan sikap mental dan akhlak yang baik juga, imbuhnya.

Pendidikan agama sekarang, menurut Gita, bersifat normatif saja sehingga perlu hal-hal yg bersifat substansi berupa pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga menjadi konsen dunia pendidikan saat ini untuk merubah karakter generasi muda. Selain itu, tambahnya, juga sangat dibutuhkan pengawasan yang baik dari orang tua.

Pendidikan agama tidak hanya menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi saja namun juga menjadi tanggung jawab keluarga, katanya.

Kehidupan dalam keluarga dan pergaulan dimasyarakat sangat menentukan tingkah laku seseorang. Merubah perilaku anak, juga dimulai dari orang tua. orang tua juga perlu menginstrospeksi diri dan meninggalkan hal-hal buruk

Untuk merubah tatanan kehidupan baik diri sendiri, keluarga maupun dimasyarakat, menurut Gita, harus dimulai dengan ilmu agama. Bahkan ilmu agama sangat banyak memiliki manfaat baik di kehidupan dunia serta mampu memberikan pertolongan di akhirat kelak.

Hanya ilmu agama yang mampu memberikan pertolongan di kehidupan akhirat nanti, tutupnya.

Redaksi

Read Previous

Antisipasi Penumpukan Sampah, DKP Kerahkan Seluruh Armada

Read Next

Ust. Hanafi Taher, MA : Peradaban Islam Adalah Manivestasi Iman dan Amal Shaleh