Kerupuk Atom Gurih Dari Jemaja

Anambas, Isukepri.com – Siapa yang tidak kenal dengan keindahan laut Kabupaten Kepulauan Anambas. Kepulauan Anambas merupakan salah satu wilayah administrasi Kepulauan Riau yang terdiri dari gugusan pulau-pulau indah dengan laut yang menawan. Hal inilah yang menjadikan Anambas kaya akan kekeyaan lautnya termasuk ikan.

Jemaja, merukan salah satu daerah yang terkenal dengan kerupuk atom ikan yang terkenal renyah dan gurih.Fatimah, merupakan salah satu dari sekian banyak usaha rumahan yang memproduksi kerupuk atom ini. Usaha yang dibangunnya dengan modal sebesar Rp350ribu ini sudah mampu memproduksi 5 Kg kerupuk setiap harinya tanpa tenaga pembantu.

Saya dan rekan-rekan saya memasarkan krupuk ini ketika kapal dari Tanjungpinang dan Tarempa singgah ke pelabuhan Jemaja. Disanalah pembeli kami banyak yang meminati krupuk atom ini, ujar Fatimah

Besar harapan Fatimah terhadap bantuan dari pihak pemerintah maupun swasta untuk mengembangkan usahanya termasuk meningkatkan produksinya agar kerupuk atom miliknya mampu bersaing dipasaran Kepulauan Riau. Permintaan Fatimah ini bukan tidak beralasan, melihat tempat usahanya yang hanya terbuat dari kayu dengan ukuran yang kecil minimal rehabilitasi untuk tempat usahanya yang juga ternasuk tempat tinggalnya bersama keluarga.

Beginilah kondisi dari rumah saya dan juga merupakan tempat saya membuat kerupuk atom ini. Suka bergoyang ketika kapal besar melewati lautan Jemaja, Tambahnya

Kerupuk atom yang dijual dengan harga Rp10 ribu untuk ukuran packing kecil dan Rp50 ribu untuk ukuran packing besar ini juga telah memberikan hasil kotor sedikitnya Rp200 ribu setiap harinya.

Bukan hanya kapal Tanjungpinang-Tarempa saja yang beli, terkadang turis yang datang ke Jemaja juga memesan untuk oleh-olehnya, tambahnya.

Admin Isu Kepri

Read Previous

Inilah Tantangan Bidang Ekonomi di Kepri Versi BI

Read Next

Polda Kepri Tangkap Dua Kurir Sabu