Mendagri Inginkan Pilkada 5 Daerah Berlangsung 2015

Jakarta, IsuKepri.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berharap 5 wilayah yang saat ini masih tertunda penyelenggaraan Pilkada-nya dapat dilaksanakan bulan ini. Menurutnya hal itu masih bisa dilakukan walaupun saat ini sudah ada beberapa gugatan Pilkada yang dilaporkan ke MK.

“Saya masih berharap bisa dilaksanakan bulan Desember. Tergantung political will dari MK. KPU tidak bisa kita halangi untuk melakukan gugatan ke PTUN,” ujar Tjahjo kepada wartawan usai acara Harmonisasi Kerukunan Umat Beragama di Hotel Sahid, Jakarta Selatan, Senin (21/12)

Saat ini bulan Desember telah memasuki hari ke-21. Untuk melaksanakan pemilihan di 5 daerah tersebut, Tjahjo mengakui terkendala hari.

“Memang Manado dan Kalimantan Tengah KPU-nya tidak melakukan gugatan, supaya waktu 2 minggu itu cukup. Tapi ini kan terpotong karena ada Natal dan Tahun Baru, tapi saya masih berharap yang penting ada tahapan-tahapan. Saya kira 2 minggu cukup kok. Menjelang tahun baru juga tidak ada masalah,” jelas Mendagri.

Walaupun memberikan kelonggaran untuk melaksanakan Pilkada di awal Januari, Mendagri masih berharap seluruh proses pemilihan dapat terlaksana sesuai tahapan.

“KPU seharusnya konsisten dong, KPU harus berpegang 21 hari tanggal maksimum setelah tanggal 9. Kalau 20 hari setelah tanggal 9 kan tanggal 29, oke dipotong tahun baru 2-3 hari ya, kan masuknya tanggal 2 dan 3 Januari. Sepanjang tidak mengganggu tahapan ya tidak ada masalah,” ujar dia.

“Saya harap tidak ditunda sampai Pilkada 2017. Saya kira tahapannya, ini baru 63 yang mengajukan gugatan Pilkada, MK kan masih ada waktu sebulan, supaya bisa serentak pelantikan gubernur-nya. Kalau minus Kalteng repot kan nanti,” kata Mendagri

(Sumber :Detik.com – Kemendagri)

Redaksi

Read Previous

Sudah 88 Kasus Sengketa Pilkada Serentak Terdaftar Di MK

Read Next

Pertumbuhan Utang Luar Negeri Indonesia di Oktober 2015 Melambat