Sudirman: Sidang Tertutup MKD Ingin Menutupi Sesuatu

Jakarta, IsuKepri.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said berpendapat bahwa masyarakat saat ini sudah mampu membaca dan memberikan penilaian atas proses sidang yang berlangsung di Mahkamah Kehormatan Dewan terkait pelanggaran etika yang dilakukan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto.

Sudirman menuturkan, sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melampiaskan amarah karena namanya telah dicatut Setya sebenarnya sudah jelas. Selain itu, ia mengaku telah diberi arahan sang kepala negara untuk tidak berpolemik lebih lanjut.

“Karena segalanya sudah jelas bahwa ini adalah urusan etika, urusan moralitas, jadi kita masih punya kepercayaan bahwa MKD akan menerikan keputusan yang terbaik yang sesuai dengan nurani publik. Saya sudah selesai tugasnya untuk menyampaikan ini kepada MKD, biarkan MKD mengambil keputusan,” ujar Sudirman di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (8/12).

Optimisme bahwa MKD akan mengambil keputusan yang mewakili nurani masyarakat, tutur Sudirman, dibarengi dengan kemampuan masyarakat masa kini untuk berpikir dan memberikan penilaian secara cerdas terkait polemik ini.

“Masyarakat sudah cerdas. Gampang saja, yang dibicarakan di tempat-tempat terbuka kan yang bernuansa kejujuran, yang dibicarakan di tempat-tempat tertutup itu kan yang ingin menutupi sesuatu. Jadi itulah yang mesti dibaca oleh masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, “saya tidak ingin berpolemik, tapi saya ingin menyampaikan bahwa masyarakat pasti sudah punya penilaian sendiri dan apabila memang tidak ada hal yang perlu disembunyikan kenapa mesti dilakukan secara tertutup kan.”

Sudirman mengaku belum mendengar isu soal rencana Presiden untuk melaporkan Setya ke penegak hukum atas tindakan pencatutan namanya. “Saya belum mendengar itu,” ujarnya.

Ia pun berpandangan bahwa Presiden mungkin saja telah meminta Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti untuk mencari taipan minyak Riza Chalid yang juga diadukan sebagai pihak yang bersekongkol dengan Setya.

“Ya mungkin saja. Saya kira Presiden punya wisdom, kebijakan, sikap yang saya kira tadi malam sudah jelas kan,” katanya. (bag)

(Sumber : CNN Ind)

Redaksi

Read Previous

Ini Pembelaan Setya Novanto di Hadapan MKD

Read Next

56.000 Jiwa Lagi, Layak Terima Iuran BPJS Dari Pemko Batam