Tunggu Tender Usai, DKP Batam Ambil Alih Pengangkutan Sampah

Batam, IsuKepri.com – Pengelolaan sampah yang dilaksanakan pihak ke tiga di wilayah II (Lubuk Baja, Batu Ampar, Bengkong) akan berakhir per 31 Desember mendatang. Sembari menunggu proses tender usai untuk daerah itu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Batam akan mengambil alih sementara waktu.

Kepala Bidang Kebersihan DKP Batam, Yudi Admaji mengatakan, meski anggaran sudah disahkan untuk pengelolaan sampah di wilayah II, namun proses lelang butuh waktu. Dalam masa tender itu, pengangkutan sampah akan ditanganinya dengan mengerahkan dan memaksimalkan kerja anggotanya.

Gak kekejar. Kemarinkan di sahkan KUA/PPAS. Nanti paling tanggal 28 kita ajukan ke ULP karena ini mau libur natal. Nanti disana proses lagi dipokja-pokjanya. Paling bisa lelang Januari,kata Yudi, Senin (21/12).

Bila melihat proses, setidaknya tender selesai pada akhir Januari 2017. Ada jedah satu bulan yang akan ia tangani dengan mengalihkan armada sampah di enam kecamatan (mainland) lainnya di Kota Batam.

Total untuk enam kecamatan itu, DKP punya 52 armada yang terdiri dari truk dan amrol, 10 konvektor, dan 67 pick up. Nantinya, masing-masing kecamatan di Batuampar, Bengkong dan Lubukbaja akan kebagian armada bantuan.

Kita akan kerahkan. Kalau sebelumnya angkutan dua truk perjalanan, nanti bisa tiga atau empat. Tergantung lokasi. Jam kerja juga akan ditambah, jelasnya sampah daerah tersebut akan tertangani,tambahnya.

Namun demikian, Yudi meminta masyarakat setempat untuk memahami kondisi ini, karena dimungkinkan pekerjaanya tidak sama.
Saat ini, untuk tiga daerah itu, pengangkutan sampah dibebankan 250 ton sampah per hari. Tahun berikutnya atau 2017, DKP menargetkan untuk wilayah II sudah dikelola pemerintah. Pihaknya juga akan menambah beban sampah yang terangkut.

kalau kita kelola, kita kan naikkan sampai 300 ton perhari,katanya.(*)

Redaksi

Read Previous

Pertumbuhan Utang Luar Negeri Indonesia di Oktober 2015 Melambat

Read Next

Kapolri Laporkan Ancaman Teroris Jelang Akhir Tahun ke Presiden RI