SHARE

Jakarta – Yamaha telah memperkenalkan motor untuk musim 2016 di Barcelona, Spanyol, Senin (18/1/2016). YZR-M1 edisi terbaru ini akan menjadi tunggangan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo dalam usaha mempertahankan prestasi pada MotoGP 2015.

YZR-M1 edisi tahun lalu terbukti sangat kompetitif. Dengan motor tersebut, Yamaha meraih tiga titel (triple crown), yaitu juara dunia pebalap lewat Lorenzo, tim, dan pabrikan. Tim Garpu Tala berharap motor tahun ini bisa segarang musim lalu.

Jika dilihat sekilas, tak ada perubahan signifikan di YZR-M1 tahun ini dibandingkan dengan edisi lama. Corak motor masih dominan warna biru. Perbedaan hanya terletak pada tampilan stiker sponsor dan motif di beberapa bagian motor.

Perubahan paling mencolok adalah posisi tangki bahan bakar yang terletak di bagian belakang, di bawah tempat duduk pebalap. Hal ittu dilakukan untuk mendapatkan keseimbangan berat optimum motor terkait penggunaan ban Michelin. Sebelumnya tangki tersebut terletak di depan pebalap.

Bagaimana dari segi teknis? Berdasarkan data yang dirilis di situs Yamaha, spesifikasi teknis YZR-M1 tahun ini juga nyaris identik dengan edisi lama. Perubahan hanya dilakukan untuk menyesuaikan regulasi teknis baru.

Ban sudah tak lagi menggunakan Bridgestone, tapi Michelin. Diameternya juga bertambah dari 16,5 inci menjadi 17 inci. Perangkat elektronik (ECU) sudah memakai ECU seragam dari Dorna buatan Magneti Marelli. Berat motor pun berkurang 3 kg menjadi 157 kg.

1710453Yamaha-M1-MotoGP-2015-1780x390

Berikut jabaran spesifikasi teknis motor Yamaha YZR-M1 untuk MotoGP 2016:

MESIN

1.000cc liquid cooled, empat silinder inline dengan crankshaft crossplane.

TENAGA

Lebih dari 240 tenaga kuda (176 kw).

SASIS

Alumunium tabung kembar deltabox dengan multi-adjustable steering geometry. Alumunium swingarm.

SUSPENSI

Ohlins upside down forks (depan) dan Ohlins shock (belakang). Semua bisa disesuaikan untuk pre-load and compression. Rebound damping.

TRANSMISI

6-speed cassette-type gearbox dengan rasio gear alternatif.

ECU (electronic control unit)

Buatan Magneti Marelli yang sudah disesuaikan dengan regulasi FIM.

RODA

MFR forged magnesium 17 inci (depan dan belakang).

BAN

Michelin berdiameter 17 inci (depan dan belakang). Ada tiga jenis, yaitu ban slick (kering), intermedium, dan wet (basah).

REM

Brembo, dua cakram rem depan karbon 320mm atau 340mm, dua kaliper 4 piston. Cakram rem belakang stainless steel tunggal, kaliper piston kembar.

BERAT

157 Kg, sesuai dengan regulasi FIM.

 

(Sumber : bola)

SHARE

NO COMMENTS