Jokowi ke Dili Perkuat Hubungan RI-Timor Leste

Jakarta, IsuKepri.com – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Selasa (26/1) pagi, akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Dili, Timor Leste. Jokowi bertolak dengan agenda memperkuat hubungan kedua negara.

Berdasarkan keterangan resmi Tim Informasi Kepresidenan, Ari Dwipayana, di Jakarta, Selasa (26/1), Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan bertolak dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada pukul 07.00 WITA.

Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan pertama Presiden Jokowi ke Timor Leste, dan akan dimanfaatkan Pemerintah Indonesia untuk memperkokoh hubungan masa depan kedua negara serta menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi mitra utama pembangunan Timor Leste.

Di Dili, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Timor Leste Maria De Araujo.

Beberapa isu yang akan dibahas, antara lain penguatan kerja sama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastuktur serta komitmen bersama untuk mempercepat penyelesaian isu perbatasan.

Pemerintah Timor Leste juga akan menganugerahkan Bintang Jasa Tertinggi Republik Demokratik Timor Leste Grande Colar de Ordem de Timor Leste kepada Presiden Jokowi yang akan dikalungkan oleh Presiden Taur Matan Ruak.

Dalam kunjungan tersebut akan ditandatangani lima naskah kesepakatan (MoU), yaitu MoU Kerja Sama Pemuda dan Olahraga, MoU Kerja Sama Kearsipan; MoU Kerja Sama Klimatologi dan Geofisika; MoU Kerja Sama Search and Rescue; serta MoU Kerja Sama Energi, Petroleum dan Sumber Daya Mineral. Sebelum kembali ke Tanah Air, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Metinaro dan Taman Makam Pahlawan Seroja.

(Sumber :rol/id)

Redaksi

Read Previous

MK Telah Putuskan 115 Perkara Sengketa Pilkada

Read Next

Harga Mobil Bekas Ford Kian Anjlok