Kesadaran Masyarakat Membuang Sampah Pada Tempatnya Masih Rendah

Lingga, Isukepri.com – Tingkat kesadaran masyarakat Singkep untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah. Hal ini dapat dilihat dimana sampah-sampah khususnya sampah rumah tangga bertebaran disepanjang jalan menuju tempat wisata pemandian air panas atau tepatnya di belakang PLTD Dabo Singkep. Pemandangan yang tidak mengenakan mata seperti ini juga akan kita jumpai disepanjang jalan Bukit Kapitan tepatnya dijalan belakang SMPN1 Singkep.

Tidak hanya itu, pantauan Isukepri.com di lapangan permasalahan sampah ini juga masih banyak ditemui di sejumlah titik terutama parit-parit dan sungai yang ada di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

Masalah sampah merupakan persoalan yang serius, apalagi sampah-sampah yang bertebaran tersebut selain mengganggu keindahan juga menciptakan aroma yang tidak sedap terhadap penciuman dan tentunya tidak baik bagi kesehatan.

Camat Singkep, Kisan Jaya ketika dikonfirmasi media Isukepri.com pada Selasa (5/1) turut menyayangkan perilaku masyarakat yang membuang sampah disembarang tempat.

Dirinya mengaku selama ini pihaknya (Kecamatan Singkep-red) telah berupaya maksimal dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Dimulai dengan terjun langsung kelapangan mengajak masyarakat dan Perangkat Desa untuk bersama-sama melakukan gotong-royong seperti yang telah dilakukan beberapa waktu lalu bahkan pelarangan membuang sampah di sejumlah tempat.

“Kita telah meletakkan Plang Larangan dibeberapa titik lokasi. hanya saja memang kesadaran serta kepedulian masyarakat akan kebersihan sampah ini dinilai masih sangat rendah,” katanya.

Disamping itu, Kisan Jaya juga menyadari sarana dan prasarana yang dimiliki Pemerintah Daerah hingga saat ini masih terbatas sehingga pengelolaan sampah-sampah tersebut belum sepenuhnya berjalan baik.

Menurutnya Pemerintah Daerah perlu menyiapkan tong-tong sampah dibeberapa titik terutama di tempat yang strategis demi memudahkan masyarakat untuk membuang sampah dan juga adanya penambahan armada pengangkut sampah.

“Seharusnya kita memiliki tong-tong sampah sebagai tempat pembuangan sampah sementara dibeberapa titik yang strategis. Selain itu penambahan armada pengangkut sampah dirasa perlu, mengingat selama ini di Kecamatan Singkep sendiri hanya memiliki 1 armada truk pengangkut sampah,” jelasnya.

lebih lanjut, Kisan Jaya menambahkan, terkait masalah kebersihan sampah tidak serta merta menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun juga diperlukan partidipasi dan dukungan seluruh masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama tidak hanya Pemerintah Daerah tetapi juga diperlukan kesadaran dan kepedulian seluruh elemen masyarakat terhadap kebersihan lingkungan demi bersama-sama menjaga kebersihan dan keindahan Kota Dabo Singkep tercinta ini,” tutupnya. (Putra)

Admin Isu Kepri

Read Previous

Selain Lorenzo-Marquez, Ini yang Diwaspadai Rossi pada 2016

Read Next

Aduh!!!, Kemendagri Siapkan Sanksi Untuk Kepri & Aceh