Yang Mau Kerja!!!, BPS Kota Batam Rekrut 2000 Tenaga Sensus

Batam, IsuKepri.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam membuka perekrutan tenaga Sensus Ekonomi 2016 sebanyak 2000 orang. Perekrutan ini merupakan acara rutin BPS per-sepuluh tahun sekali, dan bertugas  mengumpulkan data untuk kegiatan sensus Ekonomi 2016 di kota Batam.

Seksi Integritas Pengolahan Dan Diseminasi Statistik ( IPDS) kota Batam, Ahmad Haidir mengatakan pengumpulan data sensus ekonomi secara nasional di lakukan setiap sepuluh tahun sekali, dimana sebelumnya pernah di lakukan di tahun 1986, 1996, dan saat ini di tahun 2016.

“BPS sendiri selain mengadakan sensus ekonomi juga melakukan sensus penduduk dan sensus pertanian dimana sensus pertanian di lakukan di angka 3 yaitu, (1983,1993,2013) sedangkan sensus Penduduk di lakukan di angka 0 seperti tahun 1880,1990,2010 dan nanti di tahun 2020,” jelasnya.

Kriteria dan syarat pendaftaran peserta tenaga sensus yang akan direkrut, peserta hanya menyerahkan kartu KTP, Ijasah minimal SLTA, dan tempat domisili. Sedangkan imbalan gaji yang di berikan selama kontrak kurang lebih 1 bulan sebesar RP 3 juta.

“Untuk cara kerjanya, petugas sensus  menggunakan Tim PNL (Pengawas lapangan) dan petugas yang bertanggung jawab di lapangan (KSK),” paparnya.

Selanjutnya, para peserta  sebelum melakukan pendataan juga di berikan pembekalan materi serta pelatihan dan training mengenai tata cara melakukan pendataan di setiap rumah tangga maupun di sejumlah perusahaan sektor ekonomi, sesuai wilayah tugas masing-masing sesuai penempatan area yang telah di tentukan.

“Perekrutan ini juga melalui tahap seleksi dan sejumlah persyaratan akan diberlakukan bagi pendaftar yang kelak mengisi posisi petugas sensus ini, guna mendapatkan pekerja yang kompeten, dan mereka yang lulus akan langsung di terjunkan ke lapangan,” pungkas Ahmad.

(Sumber : rri)

Redaksi

Read Previous

Bedah Motor YZR-M1 2016, Tunggangan Rossi-Lorenzo

Read Next

Mayoritas Pengguna Narkoba yang Direhabilitasi BNN Kepri, PNS