KMP Kepri Ajak Masyarakat Perhatikan Perbatasan

Bintan, IsuKepri.com – Untuk kesekian kali, Komunitas Merah Putih (KMP) Kepulauan Riau mengelar dialog kebangsaan yang bertema perbatasan. Kali ini, KMP mengelar dialog di Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan pada Selasa (2/2), dengan tema “‘Peningkatan Potensi Ekonomi Wilayah Perbatasan Dalam Rangka Menjaga Kedaulatan NKRI”‘.

Kepada IsuKepri.com, ketua pelaksana kegiatan, Karyano Efiandi mengatakan bahwa kegiatan dialog kebangsaan bertujuan untuk membangun komunikasi lintas sektor untuk memperhatikan kondisi perbatasan.

“masalah perbatasan, tidak akan habis-habisnya untuk dibahas, karena permasalahannya sangat kompleks. Dari kesehatan, pendidikan hingga sektor ekonomi,” katanya.

Untuk menyelesaikan permasalahan perbatasan, tidak hanya cukup dalam bentuk seminar dan diskusi saja. Namun pihak yang berwenang, wajib berbuat terutama membenahi infrastrukturnya.

“memang anggaran yang dibutuhkan untuk mengelola perbatasan tidak sedikit, namun hal ini terkait dengan kedaulatan negara,” kata Karyano.

Perbatasan memiliki kerawanan-kerawanan, selain sebagai jalur keluar masuk barang, dan jasa, perbatasan bisa jadi menjadi pintu masuk terorisme ke Indonesia.

“menyelesaikan masalah perbatasan, tidak bisa hanya satu lembaga saja. Perlu koordinasi dari semua pihak,” katanya.

suprapto

Read Previous

Menjaga Generasi Muda Dari Aksi Terorisme

Read Next

Pengelolaan Perbatasan Harus Cerminkan Nawacita Joko Widodo