Pemuda Wajib Persiapkan Diri Hadapi MEA

Batam, IsuKepri.com – Generasi muda sebagai penerus bangsa wajib persiapkan diri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016. Globalisasi saat ini, memaksa pemuda harus lebih kreatif dan inofatif. Hal ini, disampaikan Kasi Pemuda Kanpora Kota Batam, Arif Hanasyam, S.E dalam seminar kepemudaan yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Ibnu Sina Batam, Kamis (18/2).

“kualitas diri pemuda perlu ditempa mulai dari saat ini. Peningkatan wawasan pengetahuan, dan penguasaan teknologi mutlak dilakukan. Daya saing yang tinggi, sudah didepan mata,” katanya.

Dalam menghadapi era MEA, anak muda Indonesia akan banyak  bersaing dan berkomunikasi dengan warga Negara lain, sehingga penguasaan bahasa asing menjadi penting.

“bahasa termasuk faktor utama dalam memenangkan persaingan era pasar bebas. Kemudahan dalam berkomunikasi akan membuka sekat, globalisasi pasar saat ini,” katanya.

Arif menambahkan bahwa kepedulian anak muda terhadap lingkungannya juga harus ditingkatkan agar lingkungan sekitarnya dapat dibuat dinamis.

“lingkungan yang baik, maka akan menciptakan generasi muda yang baik pula. Begitupula, lingkungan yang dinamis mengikuti zamannya, maka akan terbentuk lingkungan yang dinamis pula. Namun harus tetap menjaga kultur dan budaya bangsa,” katanya.

Pemuda hakekatnya adalah manusia emas dalam suatu kehidupan serta pemegang estafet kemajuan bangsa di masa yang akan datang, karena para pemudalah yang lebih tajam dan menyukai tantangan yang lebih ekstrim dibandingkan dengan manusia dimasa yang lain.

“kualitas diri yang harus dibangun secara seimbang bagi pemuda yakni kemampuan intelektual, emosional dan spiritual,” kata Arif.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam, Kadarisman, Praktisi pemuda, Hendriyanto serta Ketua Bidang Pembinaan Anggota HMI Batam, Adri Wislawawan.

suprapto

Read Previous

Bupati Karimun Melakukan Pulbaket Bansos

Read Next

KNPI : Potensi Pemuda Perlu Dikembangkan